Sunday, Aug 20, 2017
HomeBeautyCara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

Saat berpuasa, kamu tidak makan dan minum hingga kurang lebih 14 jam lamanya. Tubuh pun ikut menyesuaikan dengan siklus yang berubah.

Puasa sering kali menyebabkan kulit kering dan kusam. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan air sehingg membuat tubuh menjadi dehidrasi.

Selain berefek pada tubuh, dehidrasi juga dapat menyerang kulit sehingga kulit menjadi kering dan kusam. Terutama bagi kamu pekerja kantoran yang berada di ruangan ber-AC selama berjam-jam. Kulit kering, bersisik, dan pecah-pecah tentu akan menghampiri kulit kamu dears. Keadaan ini akan membuat penampilan kamu kurang menarik.

Agar kecantikan kulit tetap terjaga selama puasa, yuk dears intip cara sederhana mengatasi kulit kering saat puasa.

1. Cukup Konsumsi Air Putih.

Tidak ada alasan puasa menyebabkan kamu dehidrasi. Kamu dapat menyiasati minum air putih yang cukup selama buka puasa hingga sahur. Di antara waktu itu kamu dapat mengonsumsinya dengan cara dibagi. Ingat jangan langsung minum 8 gelas, karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

2. Hindari Makanan yang Berminyak.

Makanan yang terlalu banyak minyak seperti gorengan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi selama Ramadhan. Minyak akan membuat kamu lebih cepat dehidrasi dan lebih banyak membutuhkan cairan tubuh. Jadi selama puasa hindari mengonsumsi makanan tersebut.

3. Tepat Memilih Pelembab.

Pelembab tidak hanya untuk kulit kering, tetapi juga penting untuk kulit yang berminyak. Memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu akan mengurangi risiko dehidrasi. Pilih pelembab yang mengandung bahan alami seperti alpukat, minyak argan dan minyak zaitun. Bahan alami tersebut akan membantu kulit tetap terhidrasi.

4. Kurangi Minuman Susu, Soda, dan Kafein.

Terlalu banyak minum produk yang mengandung susu telah diketahui erat kaitannya dengan kemunculan jerawat. Selain itu, minuman berkafein dan bersoda juga diketahui dapat menyerap mineral yang ada dalam tubuh sehingga memiliki efek negatif bagi kulit. Fakta juga membuktikan bahwa soda hanya mampu diserap oleh tubuh sebesar 20-30%, sedangkan jus buah mampu diserap hingga 50-60%.

5. Konsisten Melakukan Rutinitas Harian Perawatan Dasar Kulit.

Membersihkan, mencuci,  serta melembabkannya merupakan rutinitas perawatan kulit yang harus kamu lakukan terutama di bulan puasa ini. Rutinitas ini akan mengembalikan tingkat mineral alami kulit dan menyeimbangkan produksi minyak atau sebum di kulit. Jagalah kulit kamu agar tetap segar misalnya dengan rutin menggunakan face mist atau air mawar yang disimpan di kulkas. Hindari pula makanan berminyak saat berbuka dan perbanyak makanan berbahan air.

6. Perawatan di Malam Hari.

Menggunakan krim malam akan membantu mempercepat proses pergantian sel kulit, sehingga kulit menjadi lebih halus dan sehat. Selain itu tetap gunakan body butter atau body cream sehabis mandi sore karena akan membantu melembabkan kulit.

 

Ups! Cinta yang Berl
Sebelum Putus dari K

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)