Tuesday, May 23, 2017
HomeCelebrityKonser Radieohead di Israel, Tuai Protes Dari Puluhan Artis

Konser Radieohead di Israel, Tuai Protes Dari Puluhan Artis

radiohead

Seperti dilansir dari liputan6.com, puluhan artis termasuk Roger Waters telah meminta Radiohead untuk membatalkan rencana konsernya di Israel, pada senin (24/4), Roger juga mengatakan bahwa band yang dikenal dengan dukungannya akan politik sayap kiri tersebut seharusnya mengikuti seruan para aktivis di Palestina untuk turut memboikot Israel.

Rencananya band rock asal Inggris yang terkenal di kalangan generasi 90an ini dijadwalkan manggung di Tel Aviv pada 19 Juli 2017 mendatang, sebagai penutup tur yang meliputi festival music Coachella dan Glastonbury.

Sebelumnya, Radiohead pernah berpartisipasi dalam konser amal untuk mendukung penegakan hak-hak asasi rakyat Tibet dan Amnesty International serta perjuangan mengatasi perubahan iklim.

radiohead

“Mengingat Radiohead berkampanye untuk kebebasan rakyat Tibet, kami bertanya-tanya mengapa Anda menolak permintaan untuk mendukung bangsa lain yang berada di bawah penjajahan asing,” demikian antara lain isi surat pernyataan para artis itu.

“Demi memohon kepada Anda agar tidak tampil di Israel, warga Palestina meminta Anda membuat langkah kecil guna membantu menekan Israel agar menghentikan pelanggaran hak-hak dasar dan hukum internasional.”

“Tentunya jika mengambil sikap menentang segala bentuk politik perpecahan, diskriminasi dan kebencian maka artinya itu berlaku di mana saja– dan itu harus mencakup apa yang dialami rakyat Palestina setiap hari,” kata pernyataan tersebut.

Waters, mantan personel Pink Floyd dan sosok di balik kesuksesan album “The Wall”, sudah sekian lama mengkritik Israel.

Artis lain yang menandatangani surat tersebut adalah novelis Alice Walker dan Hari Kunzru, Thurston Moore dari grup band rock alternatif Amerika Serikat Sonic Youth dan Nick Seymour dari grup band rock Australia Crowded House.

Kampanye boikot budaya menentang Israel menunjukkan hasil beragam. Stevie Wonder, Carlos Santana dan Lauryn Hill mencoret pertunjukan di Israel namun banyak nama besar lain seperti Paul McCartney, the Rolling Stones, Elton John dan Bon Jovi tampil di sana dalam beberapa tahun terakhir.

Pembela Israel mengecam kampanye pemboikotan tersebut. Radiohead belum pernah tampil lagi di Israel sejak tahun 2000, demikian menurut warta kantor berita AFP.

Mantan uskup agung Afrika Selatan sekaligus peraih Hadiah Nobel Perdamaian dan pejuang anti-apartheid Desmond Tutu juga menandatangani surat tersebut.

 

 

FOLLOW US ON:
Kapan Waktu yang Pal
Manfaat Air Beras Un

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)