Sunday, May 28, 2017
HomeCulinaryCemilan Lezat Telur Rebus Buat Keluarga

Cemilan Lezat Telur Rebus Buat Keluarga

Perempuan.com- Telur rebus merupakan salah satu jenis cemilan sehat yang juga sering dipilih menjadi lauk makan sehari-hari. Namun untuk mendapatkan telur rebus dengan rasa yang pas dan enak, tentunya diperlukan tips membuat telur rebus tersendiri agar telur bisa matang dengan sempurna. Hal pertama yang harus dipastikan sebelum merebus telur adalah, pilihlah telur yang masih segar.

Cara untuk menguji kesegaran telur adalah dengan merendam telur dalam mangkuk yang diisi air garam. Jika telur yang direndam tenggelam hingga ke dasar mangkuk, hal ini menandakan bahwa telur tersebut masih segar. Tetapi jika telur malah mengambang di dasar air garam, maka menandakan bahwa kualitas telur kurang bagus.

Tips Memilih Telur yang Segar

Ketika makan telur rebus, kamu pasti sering mendapati kuning telur yang berubah menjadi warna keabu-abuan, bahkan cenderung bau belerang. Tak perlu khawatiir karena telur dengan tanda-tanda tersebut masih tetap aman untuk dikonsumsi. Tetapi jika kamu kurang suka dengan warna kuning telur pada telur rebus yang berubah warna menjadi abu, cobalah untuk mengurangi estimasi waktu merebus telur.

Warna kuning telur yang berubah abu-abu memang dipengaruhi oleh waktu merebus yang terlalu lama. Dengan suhu panas yang terlalu tinggi, menyebabkan protein dalam telur mengental sehingga putih telur akan berubah kenyal dan kuning telur berubah menjadi warna keabuan. Untuk itu, tips membuat telur rebus agar warna kuning telur tidak berubah warna adalah dengan cara jangan terlalu lama merebus telur.

Yuk, Membuat Sambal Goreng Telur

Selain itu, ada pula beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merebus telur. Hal pertama adalah jangan merebus telur dengan kulitnya di dalam microwave. Ketika telur yang masih utuh dengan kulitnya masuk ke microwave, justru akan menyebabkan telur meledak dalam microwave sehingga akan berbahaya.

Hal berikutnya, Jika telur rebus yang akan kamu masak retak, sebaiknya jangan dikonsumsi karena telur dengan kulit yang retak bisa memicu bakteri masuk sehingga tidak aman dikonsumsi. Nah itulah beberapa tips membuat telur rebus yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah. Semoga bermanfaat!

Perempuan Recruitmen
Program Highlight Th

01fitrihandayani@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)