Saturday, Aug 19, 2017
HomeFamily5 Cara Menjalin Komunikasi yang Baik Dalam Keluarga

5 Cara Menjalin Komunikasi yang Baik Dalam Keluarga

Perempuan.com – Tidak semua orang memiliki komunikasi yang baik dalam keluarga, malah terkadang komunikasi terjalin hanya untuk sekedar bertegur sapa tanpa ada terjalin ikatan batin. Yuk dears langsung saja simak di bawah ini 5 cara menjalin komunikasi yang baik dalam keluarga.

  1. Meluangkan waktu untuk saling mendengarkan.

Jika ingin memiliki komunikasi yang baik dalam keluarga, cobalah untuk mendengarkan empat kali lebih lama daripada berbicara. Ketika anggota keluarga sedang berbicara, maka jangan lah menyelak pembicaraannya atau memotong pembicaraan. Jadilah pendengar yang baik agar bisa mengeluarkan perkataan atau saran yang baik pula.

  1. Menjaga komunikasi supaya tidak terputus.

Sudah menjadi hal yang wajar ketika orang tua sibuk bekerja seharian di luar rumah, sampai-sampai ketika kembali pulang ke rumah hanya untuk menjadi tempat untuk beristirahat lalu besoknya kembali mengulang rutinitas yang sama. Anak-anak yang juga disibukkan dengan segudang kegiatan seperti sekolah, les, atau berkumpul dengan teman-temannya menjadi salah satu penyebab terputusnya komunikasi antara orang tua dan anak. Jika hal itu sudah terjadi, tidak ada salahnya segera membuat perubahan dengan duduk Bersama dan meluangkan waktu untuk saling berbicara dan merajut kembali komunikasi yang sudah terputus.

  1. Menciptakan tradisi keluarga.

Membuat tradisi keluarga bisa menjadi salah satu solusi untuk menjalin kembali jarak dan terputusnya komunikasi antar anggota keluarga. Atur waktu yang pas sesuai dengan kegiatan atau kesibukan semua anggota keluarga, ketika sudah menemukan waktu berkumpul yang pas keluarga bisa memanfaatkan waktu tersebut sebagai tradisi untuk menonton film, berjalan-jalan ke mall, atau makan di restoran dan kegiatan sederhana lainnya yang bisa dijalankan Bersama seluruh anggota keluarga di waktu yang sudah pas dengan jadwal masing-masing.

  1. Meluangkan waktu untuk liburan Bersama.

Liburan bersama merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu dengan anggota keluarga dan membuat terjalinnya keakraban serta kedekatan. Untuk lokasi liburannya juga tidak harus yang jauh keluar kota atau mengeluarkan biaya yang mahal. Acara rekreasi dalam kota atau mengunjungi destinasi yang sudah lama tidak didatangi bisa menjadi pilihan. Kegiatan ini akan menjadi suatu petualangan bersama dan menciptakan momen yang seru dan menyenangkan.

  1. Memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Meskipun memiliki kesibukan masing-masing, sebetulnya komunikasi masih bisa tetap terjalin dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Dengan melakukan komunikasi melalui video call, telepon ataupun chatting juga mampu menjaga komunikasi agar tetap terjalin sehingga tidak ada lagi masalah terputusnya komunikasi dengan keluarga.

Akad, Lagu Terbaru P
Hindari Konsumsi Vit

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)