Sunday, Aug 20, 2017
HomeFamilyLakukan 5 Hal Ini Agar Akhir Pekanmu dan Keluarga Menjadi Berkualitas

Lakukan 5 Hal Ini Agar Akhir Pekanmu dan Keluarga Menjadi Berkualitas

akhir pekan

Akhir pekan bersama keluarga adalah suatu hal yang langka bagi keluarga, terutama untuk mereka yang tinggal di kota besar dengan beragam schedule yang padat. Karena itulah banyak orangtua yang memanfaatkan akhir pekan untuk dirinya sendiri dengan alasan telah lelah bekerja selama weekdays. Pada akhirnya, hari libur hanya digunakan untuk beristirahat di rumah, atau kadang kala malah menjadi hari tidak bisa diganggu, termasuk oleh anak kita.

Kamu dan pasangan yang berperan sebagai orang tua, perlu tahu bahwa akhir pekan bersama keluarga bisa bisa dimanfaatkan sebagai moment untuk mengakrabkan hubunganmu dengan para buah hati. Bahkan banyak ahli  parenting yang menyarankan agar menjadikan akhir pekan sebagai hari khusus untuk keluarga, terutama anak. Pertanyaannya adalah, kegiatan seperti apa yang sebaiknya dilakukan di hari libur? Nah, seperti dilansir dari andalanbunda.com cobalah lakukan 5 hal ini agar akhir pekanmu menjadi berkualitas.

Jadikan Akhir Pekan Sebagai “No Gadgets Day”

akhir pekan

Kamu bisa menjadikan akhir pekanmu sebagai hari tanpa gadget. Peraturannya sederhana, yaitu selama 1 hari kita berkomitmen untuk tidak memegang gadget seperti smartphone, tablet, maupun laptop. Pernah dengar istilah “Gadget mendekatkan yang jauh, sekaligus menjauhkan yang dekat”? Hal tersebut bukan sekedar ucapan kosong belaka. Pada kenyataannya saat memegang handphone, perhatian kita hampir selalu tidak berada di tempat. Jadi cobalah hindari gawai dan social media di akhir pekan. Dengan demikian kita bisa fokus untuk keluarga.

Olahraga Bersama Keluarga di Pagi Hari

akhir pekan

Bagi kamu yang kesehariannya lebih banyak bekerja sambil duduk di depan layar komputer tentu perlu banyak bergerak. Berolahraga di akhir pekan adalah salah satu pilihan yang terbaik, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Coba lakukan olahraga sederhana di luar rumah seperti lari pagi, bersepeda, bermain bola, atau berenang. Olahraga pagi adalah hal baik untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga.

Pergi Piknik atau Mengunjungi Taman Rekreasi Keluarga

akhir pekan

Piknik atau berkunjung ke taman rekreasi juga merupakan ide bagus untuk mengisi akhir pekan, agar lebih menyenangkan, buatlah perencanaan terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya. Jangan lupa libatkan anak untuk menyusun rencana pikniknya. Kamu bisa memilih tempat rekreasi berdasarkan tema yang dinginkan. Misalkan pada akhir pekan bulan ini, bertemakan Back to Nature. Lalu pilih tempat wisata yang sesuai tema tersebut. Belajar berkebun di Taman Buah Mekarsari, mengenal hewan di Kebun Binatang Ragunan, atau mengunjungi museum-museum di Taman Mini Indonesia Indah adalah beberapa contohnya, dan sebaiknya hindari Mall sebagai tempat tujuan berekreasi keluarga.

Silaturahmi ke Keluarga Dekat

akhir pekan

Akhir pekan bersama keluarga juga bisa kamu manfaatkan dengan mengunjungi keluarga atau kerabat dekat. Misalkan berkunjung ke rumah kakek dan nenek. Coba lah untuk mengunjungi keluarga yang sudah lama tidak ditemui. Selain meningkatkan silaturahmi, anak juga bisa lebih mengenal siapa saudaranya. Bila perlu ajak pula anggota keluarga dekat kita saat berencana ke tempat rekreasi.

Hindari Pekerjaan Kantor di Akhir Pekan

akhir pekan

Sebisa mungkin hindari mengerjakan pekerjaan kantor saat berakhir pekan. Coba lah menahan diri untuk tidak membuka email kantor. Ingat, akhir pekan adalah untuk anak dan keluarga bukan untuk kantor. Apabila ada pekerjaan mendesak yang tak bisa ditunda, komunikasikan dengan keluarga lalu buatlah acara pengganti di lain waktu. Anak kita bisa jadi sudah menantikan akhir pekan bersama keluarga. Coba bayangkan kekecewaannya jika pada hari yang dinantikannya itu kamu masih sibuk berkutat dengan pekerjaan kantor. Jika kamu terpaksa mengambil waktu akhir pekan, anggaplah itu sebagai hutang lalu berjanjilah untuk merencanakan acara spesial bersama keluarga atau liburan ke luar kota sebagai penggantinya.

Itu tadi Dears, 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga. Selamat mencoba!

 

 

 

Gigi Palsu Permanen;
Girls, Jangan Lakuka

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)