Tuesday, Jul 25, 2017
HomeFamilyKompleksitas Hubungan Antara Ibu dan Anak Perempuannya

Kompleksitas Hubungan Antara Ibu dan Anak Perempuannya

ibu dan anak perempuannya

Selalu ada sesuatu yang spesial dari hubungan antar orangtua dengan gender yang sama, seperti ayah dan anak laki-lakinya, begitu pula dengan hubungan antara ibu dan anak perempuannya. Lalu, mengapa seringkali hubungan antar orangtua dan anak dengan gender yang sama selalu memiliki kompleksitasnya masing-masing? Seperti halnya hubungan ibu dan anak perempuannya?
Berdasarkan penuturan dari seorang Psikolog, Lesley Miles yang dikutip dari Health24, hal tersebut bisa disebabkan karena sang ibu terkadang memiliki kesulitan untuk membedakan apa yang harus dia lakukan untuk anak laki-laki dan anak perempuannya.

Ada beberapa kecenderungan yang sudah umum terjadi, bahwa seorang anak akan lebih dekat dengan orangtua yang berbeda gender dengannya, seperti anak perempuan akan cenderung lebih dekat dengan ayahnya secara emosional, dan begitu pula dengan anak laki-laki yang akan lebih dekat dengan ibunya, tapi hal tersebut tetap  tidak menutup kemungkinan bagi sang anak untuk dekat dengan kedua orangtuanya.

Ibu dan anak perempuannya

The Joy Luck Club, salah satu film yang menceritakan kompleksitas hubungan para ibu dan anak perempuannya.

Menurut Lesley, hubungan antara ibu dan anak perempuannya bisa saling mengidentifikasi secara kuat dengan menginspirasi satu sama lain, dan biasanya hubungan ini akan lebih sering diisi dengan ikatan emosional yang lebih dalam.

Aspirasi sang ibu untuk anak perempuannya sering kali bertentangan. Para ibu ingin anak perempuannya mengikuti tradisi yang konvensional, tapi disisi lain ibu juga ingin anak perempuannya memiliki karir yang sukses dan menjadi profesional. Pesan ibu yang bertentangan tersebut tercampur dan kadang membuat anak perempuannya menjadi bingung, apa yang sebenarnya diinginkan oleh ibunya.

“Selain itu, saat ibu memasuki usia 30-40 tahun, anak perempuannya akan memasuki usia remaja, dan sering kali timbul ketidakcocokan antara keduanya yang bisa menimbulkan masalah diantara keduanya,” ujar Lesley. Masalah yang ditimbulkan bisa dipicu karena ketidaksamaan pemikiran keduanya atau ekspektasi yang tidak realistis satu sama lain.

Lesley menyarankan komunikasi dan keterbukaan adalah dua hal yang paling penting untuk menjaga hubungan antara ibu dan anak yang baik dan sehat. Hubungan ini harus dibangun sejak awal dan diperlukan kepercayaan antara ibu dan anak perempuannya serta sebaliknya.

Ibu tidak perlu menentukan apa yang harus dipilih sang anak dan anak bisa memilih pilihannya sendiri. Sedangkan anak perempuan sebaiknya terbuka terhadap ibunya dan tidak terlalu memaksakan kehendaknya sendiri. Ibu dan anak perempuannya tidak akan bisa memenuhi impiannya sendiri, karena dibutuhkan saling mendukung antara keduanya.

So Dears, mulai sekarang ciptakanlah hubungan yang baik dan sehat antara kamu dan ibumu, atau jika kamu sudah memiliki anak perempuan, semoga artikel ini dapat membantumu untuk lebih mengerti pemikiran dari anak perempuanmu kelak.

Bagaimana Cara Mengh
Film Kartini, Sejara

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)