Monday, Apr 24, 2017
HomeHealth7 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulitmu

7 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulitmu

Kulit Jeruk untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu

Dears, selain rasa buahnya yang menyegarkan dan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, ada manfaat lain dari jeruk yang harus kamu ketahui. Jika selama ini ketika kamu mengupas jeruk, kamu terbiasa membuang kulitnya, kali ini kamu bisa memanfaatkan kulitnya juga lho Dears, karena ternyata kulit jeruk punya manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu. Mau tahu apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya? Yuk kita lihat, 7 manfaat kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol
    Terdapat kandungan flavon yang terdiri dari zat polymethoxylate dan hesperidin di dalam kulit jeruk. Departemen Pertanian AS dan perusahaan Nutraceutical KGK Synergize telah melakukan penelitian bahwa kandungan  tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kulit
    Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam kulit jeruk berperan untuk membantu vitamin C dan antioksidan untuk bekerja lebih efisien. Flavonoid di dalamnya juga mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menghambat pasokan makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel kanker.
  3. Mencegah Penyakit Kanker Kulit
    Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 di Arizona Cancer Center (Nutrition and Cancer; Citrus Peel Use is Associated with Reduced Risk of Squamous Cell Carcinoma of the Skin). Pada penelitian tersebut mereka menemukan senyawa d-limonene di dalam kulit jeruk yang berperan  dalam mengurangi pertumbuhan kanker kulit.
  4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam kulit jeruk ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara membantu memproduksi sel darah putih yang berperan sebagai sistem imun.
  5. Mengatasi Gangguan Pencernaan
    Kandungan vitamin C, antioksidan dan serat yang terdapat di dalam kulit jeruk mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan, seperti sembelit, susah buang air besar, wasir, sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.
  6. Memperbaiki Kondisi Pernapasan
    Di dalam 100 gram kulit jeruk terdapat kandungan serat sekitar 10.6 gram. Kandungan serat tersebut mempunyai kemampuan untuk mencegah sindrom iritasi kembung dan jika diekstrak, kulit jeruk mempunyai kemampuan untuk memperbaiki kondisi pernapasan.
  7. Menenangkan Pikiran
    Aroma menyegarkan yang dimiliki oleh kulit jeruk mempunyai efek untuk menenangkan pikiran sehingga dapat membuat tubuh hingga pikiran menjadi rileks dan membuat tubuh terhindar dari rasa stres.
kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu

Sumber foto: detik.com

Rasa kulit jeruk yang pahit membuat banyak orang malas dan enggan untuk mengkonsumsinya, untuk mensiasatinya, kamu bisa menikmati kulit jeruk dalam bentuk manisan, atau mencampurkannya ke dalam campuran buah lain yang akan kamu blender dan dapat kamu nikmati sebagai jus. Campuran buah tersebut dapat menjadi penetralisir dari rasa pahit kulit jeruk, atau kamu juga bisa merasakan manfaat kulit jeruk dengan mengkonsumsi ekstrak kulit jeruk yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran.

Nah Dears, jika selam ini kamu hanya merasakan manfaat dari buahnya, mulai sekarang kamu juga bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu. Selamat mencoba!

 

Film Kartini, Sejara
Bagaimana Menghadapi

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)