Sunday, Aug 20, 2017
HomeHealthBagaimana Mengenal Tahapan Luka Bakar pada Tubuh Menurut Dokter Spesialis

Bagaimana Mengenal Tahapan Luka Bakar pada Tubuh Menurut Dokter Spesialis

Perempuan.com – Saat ditemui di kliniknya daerah Cibubur pada Sabtu pagi (10/6/15) Dr. Afriyanti Sandhi Sp.BP-RE menjelaskan secara singkat tentang perbedaan bedah plastik rekonstruksi dan estetika. “Khusus di bidang saya, saya spesialis ngurusin rekonstruksi, bukan kecantikan. Kalau rekonstruksi definisinya memperbaiki susunan yang rusak atau memperbaiki yang cacat sehingga mendekati ke arah normal. Seperti korban kecelakaan atau cacat.” Ujar Dr. Afriyanti Sandhi.

Ternyata luka bakar banyak jenis dan kelasnya. Keparahan dan penanganan untuk pasien luka bakar memang harus dilihat sejauh mana kondisi luka bakar itu. “Kalau pada pasien luka bakar, beda lagi. Luka bakar sering kita dengar ya, luka yang diakibatkan oleh panas maupun dingin sebenarnya. Luka bakar cederanya bisa dibagi akibat luka api, air panas, atau akibat listrik.” Kata Dr. Afriyanti.

Nah dears kita juga perlu mengetahui bagaimana saja dan seperti apa saja jenis tingkatan luka bakar yang dialami seseorang. Agar kita tidak salah dalam menangani hal itu. “Dalam luka bakar ini, kita mengenal beberapa bagian pada luka bakar. Yang paling ringan itu grade 1 sebenarnya tidak masuk ke dalam kategori penyakit ya, contoh grade 1 adalah sun burn. Jadi orang yang sehabis berjemur dan kena panas matahari itu termasuk luka bakar juga sebenarnya tidak perlu penanganan khusus karna dia akan sembuh sendiri.” Jelas Dr. Afriyanti.

Dr. Afriyanti selaku ahli bedah plastik rekonstruksi juga menambahkan bahwa level agak parah dan level parah butuh ditangani oleh pihak dokter secara khusus. “Kalau yang level selanjutnya itu grade 2A dan 2B. Biasanya disebabkan oleh air panas atau minyak panas. Dan kalau grade 3 lebih dalam lagi. Itu disebabkan oleh api atau listrik. Kalau misalnya korban terbakar termasuk dalam grade 2A dan 2B yang luas luka bakarnya 15 persen sampai 20 persen harus dibutuhkan penanganan khusus.” Tutup Dr. Afriyanti Sandhi.

Kematian Julia Perez
Mengecilkan Pipi Tem

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)