Sunday, May 28, 2017
HomeHealthBahaya Mengkonsumsi Air Putih Secara Berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Air Putih Secara Berlebihan

mengkonsumsi air putih secara berlebihan

Tentu kamu sudah sering mendengar Dears, tentang beragam manfaat dari air putih. Itulah sebabnya kita sering mendengar anjuran untuk minum air putih setidaknya 2 liter sehari, guna mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh kita. Namun tahukah kamu bahwa ternyata mengkonsumsi air putih secara berlebihan juga dapat berbahaya bagi kesehatan?

International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita meminum air putih hanya pada saat kita merasa haus. Minumlah air putih secukupnya dan tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan kita. Misal berat badan kamu 50kg, itu berarti kamu hanya membutuhkan 1.5 liter air saja per harinya. Rekomendasi ini terdengar logis Dears, karena tentunya berat badan seseorang menentukan kebutuhan airnya per hari. Semakin berat bobot tubuh seseorang semakin banyak pula jumlah air yang ia butuhkan. Aturan minum 2 liter perhari berlaku bagi orang sehat. Sementera untuk penderita ginjal, tentulah harus dibatasi.  Orang yang menderita sakit ginjal tidak boleh minum air putih terlalu banyak, karena akan semakin memperberat kerja ginjalnya.

Ini dia Dears, 3 dampak yang akan kamu terima jika mengkonsumsi air putih secara berlebihan.

Meningkatnya total volume darah dalam tubuhmu

Mengkonsumsi air putih secara berlebihan, akan menyebabkan meningkatnya volume dalam pembuluh darah yang tertutup, yang akan menyebabkan kerja jantung dan pembuluh darah meningkat, seiring dengan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah yang tertutup.

Memaksa ginjal bekerja ekstra

Mengkonsumsi air putih secara berlebihan juga dapat meningkatkan kinerja ginjal di dalam tubuhmu. Hal ini menyebabkan Ginjal harus menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Jika semakin banyaknya air yang mengalir pada pipa air akan membuat pipa tersebut semakin bersih, hal tersebut tidak berlaku pada ginjal, semakin banyak jumlah air di dalam tubuh, justru akan meningkatkan sistem kerja ginjal karena banyaknya air yang harus disaring melalui glomerulus. Bahkan, glomerulus bisa rusak sebagai akibat dari bekerja ekstra keras dalam menyaring jumlah cairan yang tidak seharusnya. Sistem filtrasi pada ginjal juga harus tetap mempertahankan jumlah air (di dalam tubuh) pada tingkat yang aman, yang memang diperlukan oleh tubuh. Kelebihan cairan sebagai akibat dari banyaknya mengkonsumsi air juga harus dibuang dari tubuh oleh sistem filtrasi ini.

Menyebabkan Hiponatraemia

Selain dua hal di atas, mengkonsumsi air putih secara berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya kondisi fatal yang biasa disebut dengan hiponatraemia. Hiponatraemia adalah suatu keadaan dimana kadar garam di dalam darah (dalam hal ini Natrium), lebih rendah daripada yang seharusnya. Secara normal,  konsentrasi natrium di dalam darah kita berkisar antara 135 hingga 145 milimol per liter. Namun pada keadaan hiponatraemia, konsentrasi garam dalam darah kurang dari 135 milimol per liter. Keadaan yang parah dari kondisi hiponatraemia ini dapat menyebabkan intoksikasi air, yang menunjukkan gejala antara lain sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sering urinasi (buang air kecil) serta disorientasi mental.

Itu dia Dears, bahaya mengkonsumsi air putih secara berlebihan, mulai sekarang minum air sesuai dengan kebutuhanmu ya Dears, karena segala yang berlebihan memang tidak baik.

 

Yuk Jalan-jalan Ke P
3 Cara Menggunakan G

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)