Wednesday, Sep 20, 2017
HomeHealthKerontokan Rambut Dapat Kamu Atasi dengan 6 Cara Ini

Kerontokan Rambut Dapat Kamu Atasi dengan 6 Cara Ini

Kerontokan rambut

Kerontokan rambut seringkali membuat para perempuan menjadi stres dan memiliki kekhawatiran tersendiri. Kamu tentu juga seringkali menjadi parno saat melihat banyaknya rambutmu di floordrain setiap kali kamu keramas.

Kerontokan rambut memang seringkali menjadi faktor yang mengganggu pikiran banyak perempuan. Walaupun sebenarnya penipisan dan kerontokan rambut merupakan masalah yang sangat normal terjadi, namun tidak ada salahnya Dears bagi kamu untuk melakukan penanganan dini sebelum masalah kerontokan ini naik step ke tingkat yang lebih serius.

Kamu tidak perlu khawatir jika helai rambutmu yang jatuh setiap harinya tidak lebih dari seratus helai, karena itu tandanya rambut kamu masih dapat dikategorikan normal. Penyebab dari kerontokan rambut sendiri bervariasi, mulai dari faktor lingkungan, ketidakseimbangan hormon, asupan  nutrisi yang tidak seimbang, kondisi emosi, penggunaan bahan kimia tertentu, infeksi kulit kepala, serta adanya gangguan kesehatan tertentu. Tingkat keparahannya juga berbeda, beberapa kasus akan sembuh dengan sendirinya, sedangkan pada beberapa kasus lain rambut yang rontok tidak dapat dipulihkan.

Jika  kamu saat ini sedang mengalami masalah kerontokan rambut, beberapa hal berikut bisa kamu terapkan:

  1. Gunakan kombinasi dari beberapa essential oil.

Essential oil sudah digunakan untuk perawatan rambut sejak berabad-abad lalu. Di jaman modern ini diketahui bahwa penggunaan essential oil dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala,  menyeimbangkan pH kulit kepala, dan mengembalikan minyak alami kulit kepala yang hilang akibat penggunaan bahan kimia yang terkandung pada produk perawatan rambut. Castor oil, minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, shea butter yang dilelehkan, atau bahkan baby’s hair oil (merk apa saja) dapat membantu membuat rambut lebih sehat, sehingga kerontokan rambut pun berkurang. Kamu juga bisa mencoba kombinasi dari beberapa essential oil untuk hasil yang lebih baik.

  1. Gunakan masker protein.

Rambut membutuhkan protein untuk tetap kuat dan sehat. Penggunaan masker protein merupakan salah satu cara untuk melapisi helai rambut dan memperbaiki batang rambut yang rusak.

  1. Tambahkan minyak ikan pada menu harian kamu.

Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menghentikan konversi testosterone menjadi DHT. Tetapi, sebagai akibatnya, kadar testosterone dalam tubuh akan lebih tinggi

  1. Gunakan sarung bantal berbahan halus seperti satin.

Bahan yang halus dapat mengurangi friksi yang terjadi antara sarung bantal dan rambut, sehingga potensi terjadinya rontok pun dapat diminimalisir

  1. Perhatikan asupan nutrisi pada menu harianmu.

Kandungan zat besi, Zinc, dan vitamin A merupakan asupan nutrisi yang tepat dan dapat memicu pertumbuhan rambut hingga membuatnya lebih kuat. Asupan nutrisi tersebut juga dapat mengatasi infeksi kulit kepala yang menyebabkan lemahnya folikel rambut.

  1. Lakukan pijat kulit kepala secara teratur.

Dengan memijat kulit kepala secara teratur, peredaran darah di kepala akan lebih lancar, sehingga nutrisi yang dibutuhkan rambut pun dapat didistribusikan dengan lebih baik.

Pola hidup yang sehat, termasuk makanan, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur juga dapat membuat sistem tubuh bekerja dengan lebih baik, distribusi nutrisi, pembuangan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh juga akan lebih baik, sehingga semua bagian, termasuk rambut dan kulit kepala juga akan lebih sehat.

 

Pernikahan Unik Bert
Serunya Wisata Ke Le

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)