Friday, Jun 23, 2017
HomeHealthKontrol Kolestrol Saat Santap Menu di Hari Raya

Kontrol Kolestrol Saat Santap Menu di Hari Raya

hari raya

Lebaran sebentar lagi nih Dears , pasti sudah kebayang dong menu-menu menggugah selera yang akan tersaji di meja makan saat hari raya nanti. Mulai dari ketupat sayur, rendang, opor ayam, sambal goreng hati dan petai, serta menu andalan dari masing-masing daerah. Wah, membayangkannya saja sudah bisa membuat perut keroncongan ya!

Eits, tapi ingat, kamu tetap harus bisa mengontrol diri, jangan sampai kebablasan, mentang-mentang sedang merayakan hari kemenangan. Meski sangat menggiurkan, menu lebaran adalah sahabat dekat kolestrol lho! Nggak mau kan selepas bersenang-senang kolestrolmu malah naik?

Tapi kamu nggak perlu khawatir Dears, ada beberapa cara jitu yang bisa kamu coba agar kolestrol tidak langsung melonjak drastis. Kamu pun nggak perlu worry deh sewaktu menyantap hidangan lebaran. Apa saja ya tips-tipsnya?

Jangan kalap

sumber foto: detik.com

Di hari raya, kamu tidak akan sulit menemukan berbagai jenis makanan yang menggugah selera, terutama untuk beberapa jenis makanan yang akan sulit kamu temukan di hari biasa. Tak heran jika akhirnya kamu pun menjadi lapar mata, dan ingin mencoba semua jenis makanan yang tersaji di hadapanmu. Nah, untuk menyiasatinya, kamu bisa mengalihkan fokusmu dengan  mengobrol bersama saudara, teman, ataupun kerabat dekat. Ingat, tujuan utamamu bertamu adalah untuk silaturahmi, makanan dan lain-lain hanya bonus, jadi jangan sampai kalap ya.

Berhentilah makan saat sudah kenyang

sumber foto: aarp.org

Salah satu alasan mengapa kita cenderung makan berlebihan saat acara tertentu atau hari raya adalah karena kita biasanya mengabaikan rasa kenyang. Saat hari raya, makan termasuk dalam acara sosial, di mana kita bisa makan sambil duduk, berdiri, bahkan sambil mengobrol. Ini menyebabkan kamu seringkali mengabaikan sinyal kenyang yang diberikan oleh otak. Kamu  pun cenderung makan berlebihan, bahkan melebihi jumlah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Sebelum makan, cobalah untuk mengisi piringmu dengan makanan yang benar-benar ingin kamu konsumsi dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhanmu, lalu makanlah dengan perlahan. Ketika kamu sudah selesai, jauhkan piring kosong dari hadapanmu untuk mencegah keinginan mengambil makanan lagi.

Bila perlu kunyahlah permen karet mint bebas gula dan minum segelas air, ini dapat mencegah kamu mengalami lapar palsu.

Penuhi piringmu dengan sayur

sumber foto: selerasa.com

Ketika mengambil makanan, penuhi dulu piringmu dengan sayuran. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran, akan membuatmu cepat kenyang. Pilihlah jenis sayur yang tidak bersantan, namun jika memang tidak ada opsi lain, kamu bisa tetap mengonsumsi sayuran bersantan hanya saja kurangi jumlah kuah santan yang kamu konsumsi. Santan secara alami tidak mengandung kolesterol, tetapi memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Hindari bagian daging yang berlemak

hari raya

sumber foto: okezone.com

Biasanya makanan yang dihidangkan saat hari raya idul fitri merupakan olahan dari berbagai jenis daging, baik daging sapi, kambing, maupun ayam. Daging, (terutama daging merah) cenderung mengandung lemak jenuh yang tinggi. Meksipun konsumsi daging tidak sepenuhnya dilarang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati lemak yang terdapat dalam masakan daging.

Misalnya, jika kamu mengkonsumsi ayam, kamu bisa memilih bagian dada dibanding paha atau sayap, karena bagian dada cenderung lebih sedikit kandungan lemaknya. Selain itu saat memakan ayam, sebisa mungkin hindari memakan bagian kulitnya karena lemak yang dimilki unggas biasanya tersimpan di kulitnya.

Waspadai minuman mengandung gula

sumber foto: thedailymail.com

Minuman berwarna-warni tentu menarik untuk dilihat. Sirup dan soda merupakan jenis minuman yang umum disajikan saat Idul Fitri. Namun usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis minuman tersebut karena biasanya memilki kandungan gula yang cukup tinggi. Dalam satu sendok makan sirup terkandung 53 kalori yang hampir seluruhnya berasal dari karbohidrat. Tak hanya itu, dalam tiap sendoknya terkandung 10 gram gula pasir.

Soda pun tidak jauh berbeda, tiap porsinya mengandung pemanis, terlebih lagi soda diet yang biasanya menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti gula. Batasi konsumsi minuman tersebut untuk mencegah penimbunan kalori di dalam tubuh.

 

 

 

5 Makanan yang Baik
Cara Praktis Membuat

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)