Tuesday, May 23, 2017
HomeHealthMakanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Saat Puasa Menurut Konsultan Gizi

Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Saat Puasa Menurut Konsultan Gizi

Dears, sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Sebagai para perempuan aktif yang memiliki segudang aktifitas, tentunya kita memerlukan banyak asupan makanan yang baik untuk di serap tubuh selama berpuasa. Saat ditemui dalam acara Ramadhan Sehat dan Praktis Bersama Philips kemarin (15/5/17) di Ayana Midplaza, Jakarta Selatan Konsultan  Gizi dan Nutrisionis Rita Ramayulis DCN, M.Kes membagikan informasi tentang bagaimana pola makan sehat saat puasa. “Saat kita berpuasa makan jangan terlalu banyak. Itu salah, cairan dan elektrolit dalam tubuh harus digantikan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Makanan yang mengandung Glukosa, fuktrosa, sukrosa sangat penting dikonsumsi saat berbuka puasa.” Kata Rita Ramayulis saat talkshow berlangsung.

Puasa memberikan kesempatan bagi organ pencernaan istirahat selama lebih kurang 14 jam untuk proses regenerasi seperti lambung, pankreas, ginjal dll. Karena puasa itu adalah proses mendetox tubuh. Saat puasa kita mempunyai kesempatan makan sangat terbatas, yaitu saat sahur, malam hari, dan saat berbuka. Dears, 3 jenis makanan yang mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa adalah kurma. Seperti yang dikatakan oleh Rita Ramayulis, “Makanan yang mengandung ketiganya itu adalah kurma. Selain kurma, makanan yang sepadan dengan kurma adalah buah pisang, semangka, dan pepaya. Harus di konsumsi ketika berbuka puasa.” Ungkap Rita Ramayulis selaku Nutrisionis dan Konsultan Gizi.

Jika kamu tidak sempat menyediakan 3 jenis makanan itu, jangan khawatir dears. Kamu bisa menggantinya dengan jus mangga dan kue pisang juga sangat dianjurkan sebagai hidangan yang baik untuk tubuh ketika berbuka puasa.  Selain itu, ada makanan dan minuman pengganti elektrolit yang harus di konsumsi saat berbuka puasa adalah air melon, air semangka, dan air kelapa.

Berbuka dengan teh manis dan sop buah ataupun gorengan memang sangat nikmat ya dears. Tapi itu sangat tidak diajurkan oleh konsultan gizi karena tidak cukup untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa. Bukan tidak boleh ya dears. Kamu boleh saja mengkonsumsi gorengan, karbo, ataupun sop buah dan makanan manis lainnya ketika sudah memasuki waktu isya setelah berbuka.

Setelah berbuka puasa, kita harus makan makanan selingan saat malam sebelum tidur seperti makan sayur, yang bisa di kombinasi dengan telur dan tempe. Kamu juga bisa menambahkan gorengan tapi ingat jangan terlalu banyak ya, dears.

Selain itu dalam acara Ramadhan Sehat dan Praktis Bersama Philips adapun makanan sehat saat sahur yang wajib di konsumsi saat sahur. Apakah itu? Untuk memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi memilih makanan sumber energi yang akan di cerna lebih lambat & bertahap. Memilih protein rendah lemak, penuhi kebutuhan cairan elektrolit.

Makanannya yang wajib di konsumsi saat sahur adalah beras merah, sayuran hijau yang mengandung air tinggi seperti sayur bayam, sayur sop dan lain-lain yang berkuah. Buah yang kaya akan air seperti melon juga wajib di konsumsi.

Dengan pola makan yang sehat saat berpuasa tentunya kita pasti bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar. Tubuh terasa lebih sehat dan ibadah pun tetap lancer. Selamat mencoba dears.

 

Tips Agar Cepat Hami
Seperti Apa Air Frye

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)