Wednesday, Sep 20, 2017
HomeHealthManfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Di jaman modern seperti ini banyak orang-orang yang malas untuk jalan kaki. Semua bisa ditempuh dengan cara instan seperti naik mobil ataupun naik motor. Padahal dears, jalan kaki itu adalah kegiatan yang paling mudah dan murah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja. Banyak sekali manfaat jalan kaki bagi kesehatan ketika dilakukan setiap hari. Kamu bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan sangat bisa dirasakan untuk tubuh, misalnya ketika setiap hari kamu berjalan ke kantor ataupun ke sekolah. Secara tak disadari jalan kaki setiap hari yang dilakukan untuk aktivitas sama saja manfaatnya seperti sedang berenang. Dears, perlu kamu ketahui ada beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan praktis. Cukup jalan kaki setiap harinya kamu bisa mendapatkan manfaatnya lho, dears.

Berikut ini beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan:

  1. Kesehatan Jantung

Berjalan kaki akan membuat tekanan darah berkurang yang mampu mengurangi pelengketan antar sel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan darah sehingga darah menjadi beku, yang dapat menyumbat pembuluh darah. Pada saat berjalan kaki tubuh menjadi bergerak sehingga kolesterol baik (HDL) yang menyerap kolesterol jahat (LDL) mengalami peningkatan yang mampu menyehatkan jantung.

  1. Mencegah Osteoporosis

Jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia ini terjadi karena massa tulang yang rendah serta  mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Pencegahan tulang keropos ini tidak hanya diperoleh dari kalsium pada  susu, namun harus diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya sekitar 15 menit setiap hari.

  1. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga santai yang dapat dilakukan siapa saja dan dimana saja. Aktivitas ini dapat membuat sistem pernafasan lebih lancar dan lebih kuat. Dengan berjalan kaki setiap hari kamu dapat membuat nafas menjadi lebih panjang.

  1. Menjaga Kestabilan tekanan darah

Proses metabolisme dalam tubuh juga dapat dibantu dengan berjalan kaki, dengan metabolisme tubuh yang lancar maka kamu dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Bagi penderita yang mengalami tekanan darah tinggi maka ada baiknya mulai melakukan jalan kaki secara rutin di pagi hari.

  1. Mencegah dimensia

Dimensia merupakan penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia ini dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan. Setidaknya, dengan rutin berjalan kaki dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berjalan kaki kamu sudah melakukan usaha yang cukup untuk memberikan sistem imun yang lebih kuat pada tubuh. Keringat dan lancarnya metabolisme tubuh akan membantu imunitas tubuh agar tidak terserang dari berbagai penyakit berbahaya.

Atasi 10 Masalah Bau
Ini Dia Desain Undan

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)