Sunday, Aug 20, 2017
HomeHealthTips Mudah Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi

Tips Mudah Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi

Perempuan.com – Sebagai orangtua tentu agak bingung jika melihat mata bayi dipenuhi dengan belek. Mata bayi memang lebih sensitif dibandingkan mata orang dewasa, sehingga kotoran dan kuman bisa masuk dengan mudah. Jika mata bayi sering belekan maka kamu sebagai orangtua harus lebih cekatan untuk segera membersihkannya agar kotoran dan cairan penyebab timbulnya belek tidak menumpuk di mata bayi.

Lalu, bagaimana bayi bisa belekan?

Bayi seringkali mengeluarkan air mata ketika menangis. Air mata yang keluar setiap hari itu berfungsi untuk membasahi bagian bola mata supaya selalu bersih. Nah, jika saluran air mata yang menuju rongga hidung tersumbat, maka kotoran yang ada di mata tidak bisa dibersihkan. Kondisi itulah yang menyebabkan timbulmya belek.

Ketika Bayi Bertanya Darimana Datangnya Bayi

Ketika bayi sedang terserang pilek biasanya kondisi mata menjadi belekan disertai kemerahan, karena pada saat pilek rongga hidung tersumbat oleh virus sehingga mata juga ikut memerah. Virus yang menyerang bayi saat pilek disebut norovirus. Namun, selain disebabkan oleh virus, mata bayi yang memerah juga bisa disebabkan oleh iritasi mata dan alergi pada makanan atau kondisi cuaca tertentu.

Namun, kamu harus wasapda jika mata bayi belekan karena serangan bakteri, kondisi tersebut dapat membuat mata bayi menjadi bengkak dan bayi menjadi rewel. Tanda mata si bayi terserang bakteri yaitu kotoran pada mata berwarna kehijauan disertai kemerahan pada bagian bawah kelopak mata. Kasihan banget kan kalau bayi kamu jadi rewel terus gara-gara matanya sakit.

Bayi Rewel, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nah, berikut ini adalah tips mudah mengatasi mata belekan pada bayi:

  • Belekan normal

Maksudnya jika belekan yang muncul hanya ada pada pagi hari atau ketika si bayi bangun tidur dan tidak menggangu si bayi. Untuk belekan normal ini kamu bisa membersihkan beleknya menggunakan air hangat dan kapas yang lembut. Jangan pernah menggunakan boorwater atau cairan pembersih mata untuk bayi karena mata bayi masih sangat sensitif.

  • Belekan lebih dari 1 hari disertai kemerahan

Jika belekan pada mata bayi lebih dari 1-2 hari dan warna bagian putih matanya menjadi kemerahan, sebaiknya kamu bawa ke dokter mata karena dikhawatirkan terjadinya infeksi pada mata si bayi.

Semoga tips mudah mengatasi mata belekan pada bayi ini bisa bermanfaat untuk kamu.

FOLLOW US ON:
Diet Mayo, Apa Sih?
Perhatikan Hal Ini S

01fitrihandayani@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)