Thursday, Sep 21, 2017
HomeHot ProductsMemperingati Hari Pahlawan, Gerakan Pramuka Surabaya Melakukan Aksi Kesukarelawanan Sejuta Peserta

Memperingati Hari Pahlawan, Gerakan Pramuka Surabaya Melakukan Aksi Kesukarelawanan Sejuta Peserta

Perempuan.com- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Gerakan Pramuka Surabaya menyelenggarakan kegiatan perkemahaan akbar dan kegiatan kesukarelawanan Time Please yang diikuti oleh lebih dari satu juta peserta pada tanggal 26-27 November 2016. Melalui kegiatan ini, Gerakan Pramuka Surabaya ingin mendorong kembali semangat gotong royong dan toleransi pada generasi muda terutama untuk menghindari tindakan-tindakan merusak seperti narkoba.

 Dewasa ini pengaruh narkoba dapat memberikan kerusakan dan kerugian besar yang turut membawa dampak kehancuran pada masa depan generasi muda kita. Kami melihat salah satu penyebabnya adalah menurunnya sikap toleransi dan gotong royong yang ada di masyarakat. Melalui kegiatan bakti sosial, para pramuka Surabaya berupaya untuk meningkatkan kesadaran dalam kehidupan bermasyarakat, serta merajut kebersamaan untuk melawan tindakan yang merusak dengan kegiatan positif.” Ujar Kak Wisnu Sakti Buana, S.T – Wakil Walikota Surabaya selaku Ka. Kwarcab Surabaya.

Dengan tujuan untuk mengajarkan pentingnya nilai kebersamaan, empati, dan kepedulian terhadap sesama serta mendorong pengembangan karakter yang baik dan jiwa kepemimpinan sejak dini, kegiatan ini merupakan bagian dariprogram inisiatif Time Please — sebuah program kolaborasi Gerakan Pramuka dan The Walt Disney Company Indonesia yang berupaya menginspirasi anak-anak melakukan perubahan dengan memberikan waktu mereka denganmelakukan aksi kesukarelawanan. Program inisiatif ini telah berlangsung sejak tanggal 14 Agustus 2016 lalu dan juga berlangsung di lima kota, yaitu; Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya hingga akhir tahun 2016 dan akan diperluas untuk menjangkau kota-kota lainnya di seluruh Indonesia pada tahun 2018.

Hingga 18 November 2016, Kota Surabaya telah  berhasil mengumpulkan lebih dari 400 kegiatan kesukarelawanan dengan dari 400.000 jam pelayanan. Hal ini menempatkan Surabaya di posisi teratas pengumpulan jumlah jam pelayanan gerakan kesukarelawanan Time Please.

“Kami percaya bahwa rasa kepedulian terhadap sesama dan lingkungan perlu ditanamkan sejak dini, dimana melalui programTime Please, anak-anak serta keluarga Indonesia didorong untuk dapat melakukan perubahan melalui aksi kesukarelawanan yang menyenangkan. Bersama 1 juta pramuka Surabaya, kami berharap kegiatan aksi kesukarelawanan ini dapat menumbuh kembangkan sikap kreatif, berani, disiplin dan rasa gotong royong, terutama pada generasi muda. ” Ujar Seshasaye Kanthamraju, Executive Director of Corporate Communications and Citizenship The Walt Disney Company Southeast Asia. 

Sebagai bagian dalam memperingati Hari Pahlawan, aksi kesukarelawanan dapat dilakukan melalui  ragam aktivitas. Para pramuka dapat memilih beberapa kegiatan GAUL (Gerakan Aksi Untuk Lingkungan) Pramuka, sala satunya melalui GAUL Darat dimana para pramuka melakukan kunjungan ke SLB YPAC  dan memberikan ragam hiburan. Selain itu para anggota pramuka lainnya pun turut melakukan aksi kesukarelawanan dengan cara membersihkan dan memperbaiki fasilitas di lingkungan sekolah masing-masing yang dilakukan secara serempak. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih satu juta peserta yang merupakan bagian dari perkemahan akbar yang akan memecahkan rekor MURI sebagai kegiatan ‘Pangkalan Gugus Depan Terbanyak Sejuta Peserta’ dan memberikan sekiranya 1 juta jam pelayanan yang dapat diikursertakan dalam program Time Please (www.timeplease.id).

“Dikemas dengan cara yang menarik, program Time Please telah menjadi wadah yang menyenangkan bagi generasi muda untuk berpartisipasi pada kegiatan positif, dan pada hari ini para Pramuka Surabaya telah menunjukkan semangat kepahlawanan dengan mememberikan kontribusi positif yang besar kepada kota Surabaya melalui aksi kesukarelawanan yang telah dilakukan. Kami berharap hal ini dapat memberikan inspirasi kepada seluruh Gerakan Pramuka di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan kesukarelawanan sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekitar mereka, “ tutup Tri Rismaharani, Walikota Surabaya.

POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Saat Keputihan Membu
Manfaat Kerja Bakti

01fitrihandayani@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)