Monday, Apr 24, 2017
HomeHot ProductsTelkomtelstra Dukung Program Kesetaraan Gender dan Pengentasan Kekerasan Pada Perempuan

Telkomtelstra Dukung Program Kesetaraan Gender dan Pengentasan Kekerasan Pada Perempuan

Perempuan.com- Bermitra dengan LK3 Kementerian Sosial Republik Indonesia, Australia and New Zealand Association (ANZA) dan Yayasan Pulih, telkomtelstra berusaha wujudkan Indonesia bebas kekerasan pada perempuan. Melihat maraknya kasus kekerasan pada perempuan di Indonesia, maka sebagai warga negara korporat yang bertanggung jawab, PT. Teltranet Aplikasi Solusi (telkomtelstra), berkomitmen untuk mendukung usaha pemerintah Republik Indonesia dalam mewujudkan Indonesia yang bebas dari segala bentuk kekerasan pada perempuan. Oleh karena itu, telkomtelstra bermitra dengan LK3 Kementerian Sosial Republik Indonesia, Australia and New Zealand Association (ANZA), Yayasan Pulih bersama Pulih@thePeak dan penulis ternama buku The O Project untuk melakukan serangkaian penyuluhan kepada masyarakat dan karyawan telkomtelstra mengenai pentingnya kesadaran mengenai kekerasan pada perempuan dan kesetaraan gender.

Kegiatan ini dilakukan sebagai dukungan kepada kampanye White Ribbon (Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan/HaKtP) dan penerapan program Brilliant Connected Women yang berisi rangkaian kegiatan menarik dan edukatif. Program yang akan dilaksanakan meliputi:

1. Sesi pelatihan sukarelawan bersama dengan Yayasan Pulih, yang diadakan bertepatan dengan perayaan White Ribbon Week (bentuk dukungan tahunan rutin telkomtelstra pada program global milik Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), yaitu UN Day for the Elimination of Violence Against Women), Eighty Eight @ Kasablanka, 35th Floor Jl. Casablanca Raya Kav 88 Jakarta 12870

2. Kunjungan penyuluhan ke sekolah bersama ANZA dan Yayasan Pulih,

3. Partisipasi di ajang Car Free Day bersama Subdit LK3 dan Peduli Keluarga Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan menghadirkan mobil anti galau untuk layanan konsultasi,

4. Program edukasi karyawan melalui acara nonton bersama film “Perempuan Punya Cerita” karya Nia Dinata yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan beragam kasus kekerasan khususnya terhadap wanita yang telah nyata terjadi di Indonesia.

5. Acara utama diisi dengan sesi diskusi bersama Firliana Purwanti, penulis ternama buku The O Project, pagelaran bazar kuliner, penggalangan dana dan kelas bela diri bagi karyawan telkomtelstra. “Kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan isu kita bersama.

Keterlibatan telkomtelstra dalam kampanye mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan bentuk aktif dari kontribusi masyarakat, khususnya korporasi. Bagi kami, partisipasi dari telkomtelstra ini merupakan sikap inspiratif yang patut ditiru oleh perusahaan lain, karena perempuan merupakan bagian dari kita.” Ujar Vitria lazzarini latief, senior associate Yayasan Pulih. Inisiatif diambil berdasarkan data yang memprihatikan, di mana hingga tahun 2015 telah tercatat 321.752 kasus kekerasan pada perempuan, dengan data kasus/perkara yang ditangani oleh Pengadilan Agama atau Badan Peradilan Agama (PA-BADILAG) sebesar 305.535 kasus, dan dari data lembaga layanan mitra Komnas Perempuan sejumlah 16.217 kasus. Selain itu, Komisi Nasional Anti Kekerasan pada Perempuan (Komnas Perempuan) pun memberikan catatan penting dan menyimpulkan bahwa pada tahun 2015 kekerasan terhadap perempuan memperlihatkan pola meluas, sehingga penting agar Negara dan pihak swasta hadir secara maksimal untuk terlibat dalam pencegahan, penanganan, serta tindakan strategis untuk menjamin rasa aman perempuan yang menjadi korban.

Temuan Komnas Perempuan mencatat bahwa kekerasan terhadap perempuan tidak hanya terjadi di ranah domestik atau rumah tangga maupun dalam relasi perkawinan, tetapi juga terjadi meluas di masyarakat umum maupun yang berdampak dari kebijakan Negara. Walaupun Pemerintah Republik Indonesia sudah melakukan banyak upaya untuk mengentaskan masalah ini, termasuk memberikan layanan bagi korban tindak kekerasan, pemerintah masih membutuhkan dukungan organisasi internasional, organisasi non-pemerintah dan pihak swasta dalam menyediakan layanan. Berangkat dari situasi inilah, Kampanye White Ribbon dan program Brilliant Connected Women diselenggarakan oleh telkomtelstra selama dua minggu terhitung dari 16-27 November 2016 dengan perayaan utama yang jatuh pada tanggal 24 November 2016. Telkomtelstra secara konsisten menerapkan dukungannya bagi program pengentasan dan peningkatan kesadaran untuk kekerasan perempuan dan kesetaraan gender baik di ruang lingkup masyarakat maupun ruang lingkup pekerjaan. Telkomtelstra berkomitmen untuk terus berusaha membantu upaya penghapusan kekerasan dan mewujudkan kesetaraan gender di dua ranah, yakni dengan mendukung pembentukan dan implementasi kebijakan pemerintah yang terkait kesetaraan gender; aturan untuk melarang kekerasan dalam rumah tangga; aturan yang melindungi perempuan dari kegiatan yang merugikan atau menyakiti anak. Kedua, di ranah masyarakat dengan menyebarkan kesadaran mengenai pentingnya penghapusan kekerasan melalui edukasi publik dan kampanye.

POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Tingkatkan Gairah Se
Ribuan Perempuan Ind

01fitrihandayani@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)