Sunday, Aug 20, 2017
HomeParenting10 Kesalahan Para Orangtua yang Berakibat Fatal

10 Kesalahan Para Orangtua yang Berakibat Fatal

orangtua

 

Menjadi orangtua bukanlah perkara yang gampang, apalagi saat harus menghadapi prilaku sang buah hati yang tidak menyenangkan, bahkan yang cenderung membuat khawatir. Sayangnya tidak banyak para orangtua yang menyadari seberapa besar kontribusi mereka dalam membentuk pola prilaku anak.

Seperti yang telah kami lansir dari brightside, berikut beberapa jawaban dari tingkah laku anak yang disebabkan oleh pola asuh orangtua.

orangtua

Jika kamu seringkali mendapati buah hatimu tertutup dan penuh dengan rahasia, serta sangat sulit untuk mempercayai orang lain, mungkin karena sikapmu yang terlalu tempramen padanya.

orangtua

 

Jika si kecil terlalu pemalu dan dan tidak tegas, mungkin dikarenakan campur tangan orangtua yang telalu banyak di saat ia bisa mengatasi masalah-masalahnya seorang diri.

orangtua

Jika kamu merasa sudah membelikan mainan yang cukup banyak untuk si kecil, namun tak habis pikir saat mendapati dia seringkali merebut mainan anak lain, mungkin karena kamu tidak memberikan kebebasan kepada buah hatimu untuk memilih mainan yang dia inginkan.

orangtua

Jika si kecil sering memperlihatkan sifat iri hati dan cemburu, mungkin karena selama ini kamu terlalu sering membanding-bandingkannya dengan anak-anak yang lain.

orangtua

Jika si kecil memiliki sikap kasar terhadap orang lain, kemungkinan besar dia mencontohnya dari anggota keluarga di rumah.

orangtua

Jika si kecil gampang marah dan memiliki tempramen yang tinggi, mungkin karena selama ini dia kurang mendapatkan perhatian dari orangtuanya. Dia hanya tidak tahu bagaimana caranya agar orangtuanya menyadari kehadirannya.

orangtua

Jika kamu terlalu sering mendapati si buah hati berbohong padamu, mungkin karena selama ini reaksimu terlalu keras pada kesalahan-kesalahnya sebelumnya.

orangtua

Jika anakmu tidak menghormati orang lain, mungkin karena selama ini kamu hanya memberitahunya apa yang harus dia lakukan tanpa memberitahu alasannya.

orangtua

Jika kamu mendapati si kecil tidak memiliki self-defense yang baik, kemungkinan besar karena selama ini kamu terlalu sering memarahinya di depan orang lain. Jangan pernah lakukan ini, bahkan di depan saudara kandungnya sendiri.

orangtua

Point terakhir, kesalahan fatal yang seringkali tanpa disadari dilakukan oleh banyak orangtua adalah memaksakan cita-cita yang mereka miliki menjadi cita-cita si anak. Lalu saat si anak gagal mencapai cita-citanya, karena memang tak sesuai dengan passion, orangtua lalu menyalahkan si anak yang tidak dapat menjadi seperti yang mereka inginkan.

 

Segarnya Watermelon
Tren Baru untuk Dapa

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)