Tuesday, Jul 25, 2017
HomeParenting3 Nasihat Praktis Menghadapi Bayi yang Baru Lahir untuk Para Ibu Muda

3 Nasihat Praktis Menghadapi Bayi yang Baru Lahir untuk Para Ibu Muda

para bayi

Menghadapi segala sesuatu untuk pertama kalinya seringkali akan membuatmu kalang kabut. Begitu pula saat kamu menerima kehadiran anggota baru di dalam keluargamu, seperti halnya si kecil yang baru saja lahir dari rahimmu. Kamu tentu akan terbangun setiap malamnya untuk sekedar memberinya ASI, namun tenang saja Dears, perlahan kamu pada akhirnya akan beradaptasi dan mulai mengerti kebiasaan sehari-hari si kecil, seperti kapan dia akan pup, dan di jam-jam kapan saja dia akan kelaparan. Mungkin saat ini kamu memang belum menjadi ibu yang berpengalaman, namun setelah membaca 3 tips yang dilansir dari momjunction di bawah ini, dijamin kamu akan naik ke satu tingkat selanjutnya.

Pastikan si kecil tetap terjaga di saat kamu memberi ASI

Hal yang paling dikhawatirkan jika hal ini terjadi adalah, ketika si kecil mulai mengantuk dan tidak mendapatkan asupan ASI yang cukup. Si kecil biasanya mulai mengantuk di saat kamu mulai memberinya ASI. Untuk mengatasi hal ini, trik yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Gelitiklah jari kaki si kecil selama kamu menyusuinya agar membuatnya tetap terjaga
  • Bagaimanapun, jangan mencobanya hanya untuk mengosongkan stok ASI di dalam payudaramu, karena bagaimanapun bayi membutuhkan tidur yang lebih banyak dibandingkan kebutuhannya untuk mengkonsumsi ASI.

Cobalah gerakan bersepeda untuk meredakan masuk angin

Masuk angin, yang biasa menghinggapi para bayi yang baru lahir, adalah sebuah kondisi yang membuat mereka akan merasa tidak nyaman karena rasa sakit di perut. Sebagai akibatnya, para bayi akan menderita dan menangis sepanjang malam, bahkan bisa bertahan selama tiga sampai lima jam. Di banyak kasus, masuk angin akan dirasakan para bayi selama setengah hari, terutama saat malam hari. Trik yang perlu kamu lakukan adalah:   

  • Cara yang paling efektif untuk memberikan kenyamanan pada si kecil dari rasa sakit adalah dengan meregangkan pergelangan kakinya dan membuat gerakan mengayuh sepeda.
  • Ketika kamu sudah selesai memberinya ASI, gendonglah dia dan tepuklah punggungnya untuk membantunya sendawa.
  • Sekarang, bantulah dia berbaring telentang, dan dengan gerakan yang lembut gerakanlah kaki si kecil seperti gerakan seseorang yang sedang mengayuh sepeda. Teknik ini akan memudahkan gas di dalam perutnya untuk keluar, serta dapat membantu mereduksi rasa sakit dan tidak nyaman yang dirasakan si kecil.

Gunakan siku untuk mengukur temperatur air saat akan memandikan si kecil           

Kamu mungkin merasa khawatir pada suhu air selama memandikan si kecil. Temperatur terbaik untuk bayi yang baru lahir adalah suam-suam kuku. Trik yang bisa kamu coba adalah:

  • Cara termudah untuk mengetahui apakah temperatur air yang akan kamu gunakan untuk memandikan si kecil sudah pas atau belum, adalah dengan menggunakan sikumu sebagai pengukurnya.
  • Jika kamu merasa temperatur air terlalu panas atau terlalu dingin, bayi akan merasakan yang sama. Jika melalui sikumu kamu merasa hangat dan nyaman, maka suhu air tersebut aman untuk bayimu.

Baca juga: 5 Masalah Umum yang Sering Dirasakan oleh Anak Hasil Adopsi

Dears, sebagai seorang ibu, tentunya kamu adalah orang yang paling mengerti si kecil, dan naluri alamimu sebagai seorang ibu akan membimbingmu untuk melakukan yang terbaik bagi si kecil.

 

 

 

 

 

 

Tips Merawat Celana
5 Kelebihan Perempua

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)