Sunday, Aug 20, 2017
HomeParentingTrik Jitu Menentukan Sekolah yang Tepat Buat Anak

Trik Jitu Menentukan Sekolah yang Tepat Buat Anak

Perempuan.com- Anda sebagai orang tua pasti sudah tidak sabar ingin melihat anak Anda menjadi orang yang sukses dikemudian hari. Sudah banyak planing yang disiapkan oleh Anda untuk sang buah hati. Salah satunya adalah pendidikan. Selain menyiapkan biaya untuk pendidikan si anak, Anda juga harus selektif dalam menentukan sekolah yang akan menjadi tempat si anak menuntut ilmu. Mengingat banyaknya pilihan sekolah-sekolah terbaik, pasti Anda akan bingung untuk menentukan sekolah yang terbaik untuk anak Anda. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam menentukan sekolah.

1. Pilihlah Sekolah yang Memiliki guru “Unconditional Love”

Guru yang memiliki sifat uncoditional love ini patut diacungkan jempol. karena tidak semua guru memiliki sifat tersebut. Seorang guru harus bisa menerima murid apa adanya, mampu mengembangkan suasana lingkungan menjadi lebih konduktif dan efektif, tidak menuntut anak diluar kemampuannya, berusaha mengerti anak, dan mendorong anak untuk bisa dan bangga atas kemampuannya. Anda sebagai orang tua harus mencari sekolah yang setiap gurunya memiliki sifat seperti itu. Karena jika guru yang kerjanya hanya memarahi anak saja, akan mengakibatkan mental anak menjadi kurang percaya diri.

2. Sekolah yang Memiliki Konsep Belajar Berdasarkan Pengalaman

Pilihlah sekolah yang dapat memberikan stimulasi pada anak melalui pengalaman dan ekplorasi langsung terhadap dunia sekitarnya. Sekolah yang memiliki konsep seperti ini biasanya akan mengajak murid-murid terjun langsung ke alam untuk mempelajari hal-hal yang ada di sekitar. misalnya seperti belajar langsung menghargai lingkungan sekitar cara membuang sampah yang benar, tidak mencoret-coret sembarangan, dan lain-lain

3. Sekolah yang Mengedepankan Konsep Belajar Aktif

Anda harus menentukan sekolah untuk anak yang memiliki konsep belajar aktif. Dalam hal ini, si anak akan dilatih untuk menjadi kreatif dengan menciptakan berbagai kreasi dari benda-benda sekitar. Anda jangan terjebak oleh arsitektur gedung yang bagus dan mewah. Karena sekolah yang baik tidak hanya dilihat dari gedung, tetapi dari konsep belajar yang mampu mendorong anak menjadi seseorang yang sukses.

4. Faktor Biaya

Faktor biaya masih menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan orang tua dalam menentukan sekolah anak. Banyak orang tua yang rela membayar mahal agar anaknya memperoleh pendidikan yang terbaik. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencari sekolah yang memiliki biaya terjangkau tetapi kualitas baik. Contohnya seperti sekolah yang dimiliki oleh negara. Biaya sangat terjangkau dan fasilitas serta pendidikannya sangat memadai.

FOLLOW US ON:
Tips Memilih Hijab U
3 Fakta dan Mitos Ha

vonika@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)