Thursday, Sep 21, 2017
HomeParentingPerbedaan Persalinan Normal dan Caesar

Perbedaan Persalinan Normal dan Caesar

Perempuan.com- Bagi Ibu hamil yang sudah memasuki kandungan lebih dari 7 bulan, tentu sudah mulai memikirkan cara bersalin agar Dede bayi yang dilahirkan tetap sehat dan normal, juga memikirkan Ibu yang melahirkan agar segera pulih sehat pasca melahirkan.

Menurut dr Diah Sartika Sari SPog dari Web Kemang Medical Care, yang paling ideal adalah melakukan persalinan normal karena persalinan normal mempunyai beberapa keunggulan dibanding melahirkan dengan operasi Caesar.

Kelahiran normal selain harganya jauh lebih murah, juga menggunakan obat-obatan yang se minimal mungkin bagi si Ibu, namun kelahiran dengan operasi Caesar selain mahal biaya nya, juga menggunakan obat-obatan seperti obat bius bagi si Ibu.

Bagi persalinan normal, proses pemulihan pasca melahirkan juga lebih cepat. Biasanya 4 – 6 jam setelah melahirkan, Ibu sudah turun dari tempat tidur perawatan dan sudah dapat makan secara normal. Biasanya sehari setelah melahirka secara normal, Ibu sudah boleh pulang. Berbeda dengan Pasca operasi Caesar yang membuat Ibu harus istirahat selama beberapa hari di dalam perawatan rumah sakit karena baru melakukan operasi besar.

Secara biologi persalinan normal memicu kelenjar Kolostrum untuk menghasilkan Asi, dan bayi kelahiran secara normal mempunyai daya tahan terhadap alergi lebih tinggi dan berkurangnya resiko penyakit Asma.

Persalinan ideal memang persalinan secara normal, namun ada beberapa faktor yang membuat persalinan Caesar di pilih yaitu seperti pinggul Ibu sempit sedangkan badan bayi yang dikandung cukup besar sehingga sulit jika harus melahirkan dengan cara normal.
Minimnya sisa air ketuban, bayi yang melintang atau biasa di sebut sungsang, kondisi Placenta Previa ( posisi Placenta berada dibawah Rahim sehingga menyulitkan kelahiran normal), Pre- eklamsia menjelang kelahiran, salah satu janin pada bayi kembar meninggal atau Ibu mengidap infeksi penyakit menular.

Bagaimanapun, melahirkan secara normal adalah hal yang terbaik, karena proses persalinan alami ini memberikan sinyal ke seluruh tubuh dalam proses penyembuhan pasca persalinan dan memberi makan bayi lewat Asi. Kelnajr susu akan langsung aktif memproduksi kolostrum dan air susu, Rahim akan berkontraksi secara alami untuk kembali ke bentuk semula.

Tentu saja, Dokter kandungan yang paling mengerti riwayat kesehatan selama kehamilan. Jika memang sehat dan tak da masalah terhadap kesehatan kehamilan, mungkin pilihan melahirkan secara normal akan lebih menguntungkan.

POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Nikita Mirzani Cuma
Seksinya Rihanna di

01fitrihandayani@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)