Saturday, Aug 19, 2017
HomeParentingTerlalu Memanjakan Anak, Waspada Risikonya

Terlalu Memanjakan Anak, Waspada Risikonya

risiko terlalu memanjakan anak

Perempuan.com – Siapa yang tidak suka memanjakan anak? Sebagian orang tua mungkin berpikir memanjakan anak merupakan salah satu cara untuk membahagiakan anak. Dengan memanjakan anak juga berarti orang tua sudah mampu memenuhi semua kebutuhan sang anak. Tapi dengan memanjakan anak secara terus-terusan dapat menimbulkan resiko anak manja.

Anak akan rusak mentalnya. Anak yang manja bukan berarti anak yang berasal dari orang yang berada tapi anak yang segala permintaannya bisa dengan mudah dituruti dan disediakan sesuai dengan keinginannya. Perilaku memanjakan ini akan membuatnya susah membawa dirinya nanti. Ia akan terus meminta dan meminta tanpa tahu bagaimana caranya berusaha untuk mendapatkan hal yang ia inginkan.

Ini beberapa risiko jika terlalu memanjakan anak:

  1. Sifat mudah menyerah dalam menggapai keinginan yang ia inginkan karena memang sejak kecil sudah dimanjakan dnegan menyediakan apaun yang ia inginkan.
  2. Otak kanan anak yang terus dimanjakan akan berkuang fungsi kerjanya
  3. Anak akan mudah mengeluh saat melakukan pekerjaan yang berat maupn ringan
  4. Resiko anak manja yang akan terasa adalah anak akan selalu bergantung pada orang tauanya dan tidak dapat hidup madiri. Jika dilepaskan di lingkungan masyarakat ia cenderung tidak disukai dan akan menyebabkan kurang teman
  5. Akan malas berusaha
  6. Tidak mementingkan orang lain karena persepsinya hanyalah dirinya sendiri.

Resiko ini dapat anda anak anda rasakan jika sudah bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Ia akan dihadapkan dengan berbagai masalah yang mengharuskannya menjadi mandiri dan memikirkan orang lain, sedangkan di keluarga ia tidak diajarkan seperti itu. Agar tidak terjadi seperti diatas ada baiknya anda tidak memanjakan anak secara berlebihan.

Ajarkan anak bagaimana ia harus berusaha untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Buatlah system reward untuk anak jika ia bisa melakukan pekerajan yang dapat membantu keluarga dirumah, berbuat baik dengan sesama maupun melakukan hal baik lainnya. Cara ini dengan mudah mengajarkan anak bahwa semua yang ia inginka tidak bisa dengan mudah diikuti dan akan mengurangi resiko anak manja pada anak ibu.

POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Hindari Jamur Kulit
Tips Mudah Menjaga A

01fitrihandayani@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)