Wednesday, Jun 28, 2017
HomeParentingTips Mengajarkan Si Kecil Berpuasa

Tips Mengajarkan Si Kecil Berpuasa

berpuasa

Meskipun si kecil belum akil baligh dan belum wajib untuk menjalankan ibadah puasa, sangat penting bagi para orangtua mengenalkan puasa secara bertahap kepada anak-anaknya sejak kecil. Nabi juga mengajarkan anak-anaknya untuk belajar puasa sejak kecil lho Dears.

Menurut Psikolog, anak usia mulai 4 tahun sudah bisa dilibatkan dalam ritual agama sederhana, termasuk Ramadhan. Kamu bisa mengenalkan si kecil pada suasana bulan Ramadhan dengan mengajaknya ikut bangun sahur, tarawih, dan berbuka puasa bersama.

Usia yang ideal untuk melatih si kecil berpuasa biasanya dimulai dari 7 tahun, namun kamu juga bisa mengajarkannya untuk berpuasa sejak usianya menginjak 5 tahun. Tentu saja puasanya tidak harus full, agar si kecil tidak kaget, cobalah untuk menambah jam puasanya secara bertahap. Misal, jika pada hari pertama si kecil buka puasa di jam 10 pagi, hari kedua tambahkan 1 jam menjadi jam 11 pagi, begitu seterusnya, sampai akhirnya si kecil berhasil menjalani puasa satu hari full.

Puasa di pekan pertama biasanya merupakan tahap yang berat bagi si kecil, karena mereka harus beradaptasi dengan perubahan ritme kerja lambung. Karena itulah, saat akan melatih si kecil berpuasa, jangan lupa juga untuk melihat kondisinya, tanyakan apakah dia sanggup atau tidak, jika memang tidak, kamu tidak perlu memaksakan.

Usahakan agar latihan berpuasa ini menjadi kegiatan yang menyenangkan dan jangan sampai menjadi beban. Kamu bisa mengajak si kecil membuat menu berbuka bersama-sama, sehingga waktu menunggu berbuka tidak akan terasa lama, kamu pun mendapatkan waktu berkualitas bersama si kecil. Selain itu, kamu juga wajib memperhatikan asupan nutrisinya, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Makanan berserat seperti sayur dan buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Terakhir, sekecil apapun keberhasilan si kecil dalam latihan ini, jangan pernah lupa untuk memberi semangat dan reward atas usahanya, ajarkan pula padanya bahwa puasa tidak akan ada gunanya jika kita tidak menjalani shalat wajib 5 waktu dan berbuat baik pada sesama, akan lebih baik jika kamu bisa mengajaknya berbuka bersama kaum duafa, hal ini akan melatih dirinya untuk belajar berempati pada orang-orang yang kurang beruntung.

FOLLOW US ON:
Melihat Dunia Kecil
API SUCI

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)