Thursday, Sep 21, 2017
HomeParentingVariasi Cara Menggendong Bayi yang Sering Dilakukan oleh Para Ibu

Variasi Cara Menggendong Bayi yang Sering Dilakukan oleh Para Ibu

menggendong bayi

Ada banyak cara menggendong bayi, baik itu dengan kain gendongan ataupun tidak. Uniknya, setiap bayi memiliki posisi gendong favorit yang berbeda-beda. Bahkan, seringkali bayi akan berhenti menangis hanya karena kita mengubah posisi saat menggendongnya. Tak berlebihan rasanya jika kita mengatakan bahwa menggendong bayi merupakan seni tersendiri.

Menggendong tidak hanya sekedar membuat bayi nyaman atau mendiamkannya ketika menangis. Bayi memang menyukai kontak fisik, hal tersebut membuat mereka merasa dicintai, aman, dan nyaman. Walaupun terlihat sepele, menggendong bayi ternyata memiliki segudang manfaat besar. Tak hanya untuk si bayi, tetapi juga untuk sang bunda. Salah satu manfaatnya adalah memberi kenyamanan. Bayi yang digendong biasanya akan lebih jarang menangis. Sedangkan manfaat bagi Bunda, menggendong bayi memungkinkan mereka melakukan aktivitas lebih banyak.

Ada banyak variasi dalam  menggendong bayi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap bayi bisa saja menyukai posisi menggendong yang berbeda-beda. Berikut adalah variasi cara menggendong bayi yang sering dilakukan oleh ibu:

  1. Posisi Meringkuk.

 

menggendong bayi

Bayi belum bisa menopang kepalanya sendiri sampai usia 3 bulan. Artinya, para bunda harus menyangga kepalanya saat akan menggendong. Letakkan kepala bayi pada lekukan tangan, perhatikan juga punggungnya agar tertopang dengan baik. Gunakan lengan yang lain untuk menopang kaki dan pantat si kecil. Yang terpenting, pastikan bahwa si kecil merasa nyaman dan hangat di dalam pelukanmu.

  1. Ala Kangguru.

menggendong bayi

Seiring bertambahnya usia, bayi memiliki rasa keingintahuan yang besar. Dia ingin melihat lebih banyak. Leher mereka pun sudah mulai kuat menyangga kepalanya. Model gendongan kangguru dalam posisi kepala menghadap ke depan memungkinkan bayi untuk lebih aktif. Umumnya bayi yang aktif menyukai posisi menggendong yang satu ini.

  1. Gendong Menyamping.

menggendong bayi

Posisi ini mirip seperti menggendong bayi ala kangguru, hanya saja posisinya menyamping. Sebenarnya posisi ini hanya variasinya saja. Namun demikian beberapa bayi merasa nyaman dengan posisi ini.

  1. Kaki Mengangkang.

menggendong bayi

Inilah posisi menggendong yang tepat bagi bayi yang sudah dapat duduk sendiri tanpa bantuan. Umumnya orangtua senang melakukan posisi ini karena merasa lebih nyaman. Longgarkan juga gendongannya agar bayi lebih leluasa bergerak. Si kecil sesekali akan memalingkan wajahnya ke arah balik punggung Anda.

  1. Gendong Punggung.

menggendong bayi

Variasi menggendong bayi yang terakhir ini dilakukan dengan cara memindahkan bayi ke belakang. Posisi ini memungkinkan ibu untuk lebih bebas melakukan pekerjaan lain karena bagian depan tubuh kita tidak terhalang.

Selain 5 variasi di atas, kamu juga bisa menemukan gaya menggendong sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah keamanaan dan kenyamanan si kecil saat digendong. Sebaiknya kamu juga melakukan komunikasi saat sedang menggendongnya. Hindari juga memasang ekspresi wajah yang datar saat menggendong bayi. Bentuk komunikasi yang disarankan adalah mengajak berbicara, membacakan cerita, atau menyanyikan lagu. Jangan diam saja saat menggendong bayi, kecuali memang ia sedang tidur. Seni menggendong bayi ini memang butuh kreativitas. Alat bantu yang paling bermanfaat untuk hal ini adalah gendongan bayi yang nyaman dan berkualitas.

 

Tips Menghadapi Mala
Tempat Nongkrong yan

ayuningtyas58@gmail.com

Photography, writing, travel, and film enthusiast.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)