Thursday, Jul 27, 2017
HomePetsBenarkah Sifat Anjing Peliharaan Memiliki Kesamaan Dengan Sifat Pemiliknya?

Benarkah Sifat Anjing Peliharaan Memiliki Kesamaan Dengan Sifat Pemiliknya?

Hai dears, mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami hal ini ketika sedang membawa hewan peliharaanmu jalan-jalan. “Wah, anjingnya lucu sekali ya, lincah seperti pemiliknya.” Ungkapan-ungkapan itu mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian yang memiliki anjing peliharaan. Tak sedikit orang yang menyamakan sifat ataupun penampilan hewan peliharaan dengan pemiliknya.

Namun benarkah anjing peliharaan memiliki sifat dan penampilan yang sama dengan pemiliknya? Menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa penurunan sifat itu bisa saja terjadi, karena seringnya anjing peliharaan di latih, di ajari, bahkan selalu pergi bersama-sama kemana pun sehingga penurunan sifat antara pemilik dan anjing peliharaannya bisa saja terjadi. Anjing peliharaan dan pemiliknya cenderung memiliki karakteristik yang mirip. Baik itu sifat yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan.

Semisal, tetangga kamu sifatnya jutek dan galak, ia memelihara anjing peliharaan yang juga memiliki sifat jutek dan galak seperti pemiliknya. Karena ketika pemilik mengajari anjing, sifat asli dari pemilik bisa menurun ke anjing peliharaan karena ia tahu bagaimana ia dilatih dan dengan sifat seperti apa ia dipelihara. Apakah dengan sifat galak, tegas dan jutek ataupun dengan sifat kalem, lembut dan baik hati. Semua memang tegantung pada sifat pemilik hewan peliharaan itu sendiri.

Tak hanya dari sifat yang tidak terlihat seperti yang disebutkan di atas. Sifat atau penampilan yang terlihat seperti orang yang gemuk cenderung akan memelihara anjing yang gemuk pula. Perempuan cantik yang feminim cenderung akan memelihara anjing jenis terrier yang juga memiliki penampilan yang feminin karena bulu lebat dan panjang bisa di variasikan dengan berbagai gaya yang lucu. Ada pula anjing peliharaan yang memiliki bentuk wajah atau bentuk mata yang sama dengan pemiliknya, secara tidak sadar manusia menggambarkan hewan peliharaannya maupun sebaliknya.

Bahkan sebuah penelitian terbaru menunjukkan, tidak hanya memiliki penampilan fisik yang mirip. Namun ada pula kemiripan secara perilaku, misalnya saat sang pemiliki sedang merasa senang atau sedih anjing peliharaan tahu dan mereka cenderung berperilaku meniru suasana hati yang sedang dirasakan oleh pemiliknya.

Dari penelitian itu, mereka menyimpulkan bahwa sebetulnya anjing mengadopsi sifat dan perilaku pemiliknya secara tidak langsung. Hal ini juga tentu memudahkan kamu jika ingin melatih anjing peliharaan sesuai dengan karakteristik yang kamu inginkan.

 

Beauty and The Beast
Wajarkah Apabila Adi

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)