Monday, Apr 24, 2017
HomePetsJangan Salah Memilih Umur yang Tepat untuk Membeli Anak Anjing Pilihanmu

Jangan Salah Memilih Umur yang Tepat untuk Membeli Anak Anjing Pilihanmu

Perempuan.com- Anjing dikenal sebagai peliharaan yang dapat dijadikan sahabat manusia, namun apakah kamu sudah dapat memilih umur yang tepat untuk membeli anak anjing? Umur berapakah sebaiknya anjing dipelihara? Anak anjing tentu lebih menggemaskan dibandingkan anjing yang mulai beranjak dewasa. Namun, anjing yang masih anakan biasanya lebih sensitif dan memerlukan perhatian khusus. Anak anjing harus benar-benar dirawat dengan baik. Maka dari itu, sebelum membeli anak anjing, kamu juga harus siap terlebih dahulu jika ingin memelihara mereka.

Ketika ingin membeli anak anjing, sebaiknya kamu tidak memilih yang baru lahir, karena anak anjing tersebut masih memerlukan asupan gizi dan belum boleh dilepas dari induknya. Kamu tentu tidak tega bukan apabila melihat anak anjing yang baru lahir sudah dipisahkan dan tidak memperoleh susu dari induknya? Anak anjing yang masih bayi itu memiliki sistim imun yang masih rendah sehingga rentan terkena penyakit. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih umur yang tepat untuk membeli anak anjing, yakni pada saat berusia lebih dari 1,5 bulan sampai 2,5 bulan. Pada usia tersebut, setidaknya anak anjing  sudah pernah diberikan vaksin minimal satu kali. Anak anjing yang berusia 4 – 12 minggu mulai memasuki periode sosialisasi. Pada tahap tersebut, anak anjing perlu dikenalkan dengan manusia maupun pada anjing lainnya, jadi pada saat memasuki minggu ke 5, anak anjing telah mengetahui lingkungannya dan dapat menikmati masa bermainnya dan sembari belajar berinteraksi sampai memasuki usia minggu ke 7. Setelah melewati minggu ke 7, anak anjing dapat dilatih untuk bermain di dalam rumah, tetapi umumnya anak anjing masih merasa ketakutan dan perlu pelatihan secara intensif. Anak anjing biasanya baru dapat berinteraksi dengan baik oleh pemilik atau manusia lainnya saat memasuki usia 9 – 12 minggu. Anak anjing pada periode tersebut memang layaknya anak balita yang baru menemui hal-hal baru dalam hidupnya.

Apabila kamu telah dapat memilih umur yang tepat untuk membeli anak anjing, selanjutnya kamu harus mempelajari bagaimana cara merawat anak anjing dengan benar, bagaimana cara memandikannya, memahami sikapnya, dan memperhatikan makanan dan kesehatan anak anjingmu ya.

POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Cara Unik dan Berbed
Tips Merancang Perte

vonika@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)