Saturday, Aug 19, 2017
HomeRagam TipsMengapa Perempuan Identik dengan Pink dan Laki-laki Identik dengan Biru? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Mengapa Perempuan Identik dengan Pink dan Laki-laki Identik dengan Biru? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Perempuan.com – Pernahkah kita bertanya mengapa warna pink atau merah muda identik dengan perempuan dan biru identik dengan laki-laki? Ternyata hal itu bukan lah sekedar tradisi saja, melainkan ada sejarah yang mengatakan kenapa warna pink identik dengan perempuan.

Di tahun 1927, majalah Time melakukan survei terhadap pusat belanja terkemuka di Amerika Serikat untuk mengetahui korelasi warna dan gender. Hasil yang mereka temukan menyatakan bahwa tidak ada warna yang jelas untuk menentukan sebuah gender. Edisi Juni 1918 majalah profesional Earnshaw’s Infant Department juga menyarankan agar anak perempuan memakai warna biru yang dianggap lebih halus, sedangkan anak laki-laki sebaiknya memakai warna pink karena terkesan lebih kuat.

Namun tak hanya sampai disitu saja penjelasan tentang warna pink dan biru ini. Ternyata setelah Perang Dunia II lalu, barulah warna pink mendapatkan asosiasi simboliknya, yakni ketika Dwight Eisenhower dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat, sang ibu negara Mamie Eisenhower tampil dengan gaun pesta bertatahkan rhinestone dan berwarna pink.

Momen ini menjadi sangat penting karena semasa perang banyak perempuan hanya memakai busana yang simpel dan praktis. Mamie yang merupakan penggemar warna merah muda juga sering tampil di berbagai acara kenegaraan dalam balutan warna tersebut. Surat kabar yang beredar juga mulai  menyebutnya sebagai “Mamie Pink”.

Selain itu, penjelasan yang menyebutkan kenapa warna pink identik dengan perempuan karena adanya film Audrey Hepburn. Sedikit demi sedikit, pink pun menjadi warna yang dikenakan oleh perempuan elegan. Namun, belum mejadi simbol perempuan secara umum hingga akhirnya film Funny Face yang dibintangi Audrey Hepburn dirilis ke pasaran pada tahun 1957.

Dalam film yang sangat populer tersebut, seorang editor majalah yang terinspirasi oleh editor Vogue, Diana Vreeland, menyanyikan lagu berjudul Think Pink. Salah satu liriknya mengatakan, “buang hitam dan bakar biru!”, dua warna yang paling sering dikenakan perempuan pada masa itu. Sejak itulah, perempuan, fiksi maupun nyata, mulai terlihat mengenakan warna merah muda atau biasa disebut dengan warna pink. Dan kemudian warna tersebut menjadi identik dengan gender perempuan.

Hindari Konsumsi Vit
Awas! Jangan Sampai

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)