Thursday, Sep 21, 2017
HomeRagam TipsTips Mengatasi Sepatu yang Kekecilan Agar Pas di Kaki

Tips Mengatasi Sepatu yang Kekecilan Agar Pas di Kaki

Perempuan.com – Sepatu kekecilan sering jadi masalah bagi kebanyakan perempuan. Pemesanan online, sepatu cantik yang sudah kekecilan, sampai terburu-buru dan main bungkus saat mencari nomor sepatu, merupakan penyebab umum akhirnya sepatu jadi terasa kurang nyaman.

Jangan hanya karena sepatunya lucu, atau tak ada lagi yang bisa muat, lantas memaksa untuk menggunakan sepatu kekecilan. Ini bisa berbahaya bagi kesehatan kaki kamu dears. Sebelum menggunakannya, ada tips mengatasi sepatu yang kekecilan agar pas di kaki.

Panaskan dengan hairdryer

Memanaskan sepatu dengan hairdryer bisa membuatnya melar. Hanya saja perlu ekstra hati-hati karena lem sepatu rentan terhadap panas, apalagi jika menggunakannya pada sepatu dengan bahan berkualitas biasa. Trik ini kurang berpengaruh pada sepatu plastik, tapi cocok untuk meregangkan bahan kulit.

Caranya mudah, gunakan kaus kaki tebal, atau kaus kaki tipis dua lapis untuk melindungi kakimu, lalu panaskan area-area yang terasa sempit pada sepatu tiap 20-30 detik hingga terasa melar. Pastikan hairdryer tidak terlalu dekat dengan sepatu, dan jangan terus-terusan memanaskan karena bisa merusak kualitas bahan.

Dinginkan dalam freezer

Trik ini berlaku untuk sepatu berbahan kain juga plastik,dan sebaiknya tidak digunakan pada bahan kulit. Udara dingin dan es batu akan membuat sepatu melar. Caranya mudah, isi plastik dengan air dan pastikan dulu tidak ada kebocoran. Letakkan pada sepatu dan dinginkan dalam freezer minimal 8 jam hingga membeku. Setelahnya, diamkan sepatu di suhu kamar hingga es mencair dan bisa diambil.

Masukkan gulungan kaus kaki

Trik ini akan meregangkan sepatu dengan mudah. Caranya hanya dengan menggunakan beberapa gulungan kaus kaki yang disimpan pada bagian depan sepatu. Tekan dan padatkan gulungan kaus kaki, lalu biarkan semalaman dan lihat hasilnya.

Pakai koran basah

Gunakan trik ini hanya pada sepatu berbahan kain. Remukkan kertas koran lalu basahkan dan simpan di bagian ujung sepatu. Pastikan koran basah memadati sepatu dan biarkan hingga bentuk sepatu tampak berubah. Setelahnya, keringkan sepatu dan rasakan bedanya. Untuk hasil lebih baik, juga bisa meletakkan sepatu di dalam freezer.

Manfaatkan kentang

Trik melebarkan sepatu pakai kentang ini ampuh digunakan pada sepatu plastik, dan sebaiknya tidak digunakan pada bahan lain. Selain itu, kentang juga mampu menyerap bau tak sedap pada sepatu. Pilih kentang kecokelatan dengan ukuran agak besar, kupas kulitnya, lalu masukkan ke ujung sampai terlihat tonjolan di bagian atas serta depan sepatu, dan biarkan semalaman. Sisa kentang yang menempel akan mudah dibersihkan dengan lap basah.

Gunakan alkohol

Masukkan alkohol dan air dalam botol semprot dengan perbandingan 1:1. Semprotkan ke dalam bagian sepatu atau langsung oleskan alkohol ke sepatu agar meregang dan lekas gunakan di kakimu selama 20 menit sebelum alkohol mengering. Cara lainnya, kamu juga bisa merendam kaus kaki dalam campuran air dan alkohol, lalu gunakan bersama sepatu hingga alkoholnya mengering. Ulangi beberapa kali jika perlu.

Gunakan sepatu di rumah

Gunakan sepatu kekecilan di dalam rumah dan pakai sambil berjalan-jalan. Sebelumnya, pakai kaus kaki dulu agar kaki terlindungi. Mungkin butuh beberapa hari hingga sepatu akhirnya melar, tapi cara ini sangat alami dan tak bakal merusak sepatu.

Buat si Dia Betah di
Mix & Match Rok Frin

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)