no image

Anak Malas Belajar

  • admin
  • June 24, 2012

Anak Malas Belajar

Dari Sulis

Saya seorang karyawati disalah satu perusahaan swasta, saya mempunyai seorang putri berusia kurang lebih 9 tahun, dia sangat malas sekali kalau disuruh belajar. Setiap belajar harus dimarahin dulu baru mau mulai belajar, jadi bukan atas dasar kemaun sendiri.

Yang jadi pertanyaan saya bagaimana cara menyikapinya ? terus terang memang sedikit sekali waktu saya buat putri saya tersebut dikarenakan saya seorang pekerja sampai rumah sudah agak malam dan saya sudah lelah dan mengantuk. jadi saya pun kurang memperhatikannya.

Tolong bantu saya, apa yang harus saya lakukan.

Jawab:

Dear Sulis…
Memang banyak faktor yang menyebabkan anak sulit sekali untuk mematuhi perintah orang tuanya, dalam hal ini mematuhi Anda agar anak Anda mau belajar. Metode memarahi atau memaksa anak untuk mematuhi perintah sebenarnya adalah metode yang kurang baik karena akan berdampak pada perkembangan psikologis anak dalam jangka panjang.

Sayangnya Anda tidak menjelaskan sejak kapan putri Anda malas belajar, Mungkin metode itulah yang menyebakan putri Anda jadi melawan perintah Anda.

Faktor kedua yang mungkin menjadikan anak Anda melawan adalah sedikitnya waktu Anda bersamanya, hal ini bisa menyebabkan timbulnya rasa dendam pada diri anak Anda karena Anda kurang memperhatikannya.

Disadari atau tidak anak Anda adalah buah kasih cinta Anda, jadi perlakukan ia dengan kasih sayang yang cukup dan jangan jadikan pekerjaan Anda yang padat sebagai alasan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena Anda sayang padanya, karena materi saja tak akan cukup membuat anak Anda menjadi sosok yang membanggakan.

Cobalah Anda organisasikan pekerjaan dan tugas Anda di rumah dengan cermat, atur waktu sedemikian rupa agar tugas Anda di kantor dan tugas Anda sebagai seorang ibu bisa berjalan dengan seimbang.

Anda bisa meluangkan waktu libur Anda bersama anak Anda. Tunjukan padanya bahwa Anda sangat menyayanginya bukan saja dengan cara memberinya materi tetapi juga dengan bentuk perhatian dan kasih sayang.

Anda juga bisa meluangkan waktu Anda yang sedikit saat akan berangkat ke kantor ataupun saat Anda tiba di rumah dengan sekedar menyapanya, menanyakan kedaannya, mencium keningnya saat akan tidur atau hal-hal ringan lainnya yang tidak memerlukan waktu yang lama yang bisa menunjukan bahwa Anda sangat menyayanginya.

Yang paling mendesak dan harus segera Anda lakukan adalah berkomunikasilah dengannya, cari lokasi yang cocok dan fresh, ajak ia berbicara dari hati kehati, singkronisasikan keinginan Anda dengan keinginannya agar mendapatkan solusi terbaik dan tidak terjadi jarak antara Anda dengannya. Ajak pula suami Anda untuk membicarakan hal ini.

Mudah-mudahan saran dari kami bisa Anda terapakan dan bermanfaat untuk Anda. Teriring doa dari kami semoga putri Anda mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

Don't be shellfish...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>