no image

Bra yang Tepat Saat Hamil

  • admin
  • September 18, 2012

Perut buncit memang menampilkan kecantikan tersendiri, tetapi takkan cukup untuk mengandalkan aora kehamilan sebagai satu-satunya sumber pujian. Pakaian dalam yang baik, turut menunjang penampilan yang menarik. Ketika Anda hamil, terpaksa bra yang biasa dipakai diistirahatkan dulu dan menggantinya dengan bra khusus untuk kehamilan.

Demi menjaga kesehatan, paling tidak Anda mempunyai dua atau tiga bra khusus perempuan hamil dan tak lupa untuk selalu dicuci.

Bila Anda membeli bra pada trimester pertama atau kedua, jangan lupa bahwa Anda akan memerlukan bra untuk trimester terakhir dan pada saat menyusui.

Pada waktu membeli bra pada trimester pertama, jangan beli yang ukurannya agak longgar dengan perkiraan agar dapat dipakai pada trimester terakhir.

Pada trimester terakhir ukuran tersebut belum tentu sesuai dan bisa berubah. Jadi, pada trimester terakhir sebaiknya Anda sekaligus membeli bra yang dirancang untuk menyusui. Dengan demikian, Anda dapat berhemat.

Untuk bra dengan rancangan khusus guna menyusui, umumnya mereka memiliki katup khusus yang dapat Anda buka ketika menyusui, dan hanya pada bagian puting tempat keluarnya ASI. Dengan cara demikian, Anda tak perlu lagi merepotkan diri membuka baju dari bawah hingga setengah dada Anda tampak terbuka. Fleksibel bukan?

Bra ini juga akan membuat Anda tidak lagi merasa risih dengan tatapan banyak orang dan menjadi malu. Memang, menyusui merupakan hal yang sehat dan membanggakan, namun tetap saja rasa tidak nyaman akan hinggap kala kegiatan itu menjadi sebuah tontonan publik.

Oleh karena itu, cari pakaian dalam yang dijual ditempat khusus untuk perempuan hamil dan menyusui, dan tempatnya biasanya berbeda dengan penjual bra biasa. Carilah di toko khusus perlengkapan kehamilan yang umumnya juga menjual kebutuhan bayi. Jadi tak perlu lagi mengeluarkan tenaga lebih untuk menyusuri pasar dan mencari kebutuhan Anda dan buah hati di tempat yang berbeda.

Kalau bisa akan lebih baik bila anda berkonsultasi dengan spesialis bra, untuk itu sebaiknya Anda membeli di tempat yang khusus menjual pakaian dalam untuk perempuan hamil sehingga Anda dapat membeli yang sesuai dengan keperluan.

Ukur dengan meteran sekeliling payudara Anda. Pastikan meterannya rata. Tanda-tanda ukuran yang sesuai, cup harus yang menutupi seluruh buah dada, jangan ada celah. Lingkaran karet harus pas, jangan berlekuk. Jangan segan untuk mencoba bra yang akan Anda beli. Inilah satu-satunya cara untuk memastikan apakah bra tersebut pas atau tidak. Mencobanya juga merupakan hal yang lumrah, jadi tak perlu malu dan menjadi terburu-buru.

Banyak kontroversi mengenai bra untuk masa kehamilan dan menyusui yang memakai kawat. Beberapa ahli menyarankan agar perempuan yang sedang menyusui sebaiknya memakai bra tanpa kawat penyangga. Alasannya karena penyangga yang kaku dapat menekan buah dada dan menghalangi saluran air susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>