no image

Cara Mudah Mencapai Tujuan Karir

  • admin
  • December 4, 2013

Setiap orang pasti memiliki tujuan karir misalnya ingin menduduki posisi tertinggi, punya banyak jaringan atau relasi, mengembangkan skillnya pada bidang tertentu dan lain sebagainya. Untuk mencapai tujuan karirnya biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Ada yang 20 tahun berkerja pada suatu instansi tapi belum naik pangkat, tapi ada yang memiliki karir yang mulus sehingga dalam kurun waktu singkat menduduki jabatan manager atau pimpinan. 

Setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing untuk mencapai tujuan karirnya. Bukan berarti semua orang bisa mencapainya, tergantung tiap individu apakah cara yang dilakukannya sudah betul untuk mencapainya. 

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan karir Anda. Ada cara yang mudah, cara yang susah atau cara yang tidak dihalalkan tergantung Anda yang menentukan. Disini kami akan berbagi cara mudah untuk Anda. Mudah disini jangan diartikan instan tanpa proses yang harus dilalui, tapi mudah disini bisa diartikan cara yang pasti akan membawa Anda ke tujuan karir anda, asalkan serius menekuninya. 

Tetapkan Tujuan Jangka Panjang 
Agar dapat mencapai tujuan karir, terlebih dahulu tetapkan tujuan Anda dengan jelas. Apa-apa saja yang ingin Anda capai dalam jangka panjang. Sangat penting untuk segera menetapkan tujuan, jika tidak Anda hanya akan mengikuti arus yang mengalir tanpa tujuan yang jelas.

Menetapkan tujuan karir jangka panjang akan memberikan gambaran kepada Anda. Seperti apa karir Anda 5 tahun, 10 tahuna atau 20 tahun Anda nanti adalah apa yang Anda tetapkan sekarang. Mulailah menetapkannya dengan detail agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan. 

Tetapkan Tujuan Jangka Pendek
Anda juga harus menetapkan tujuan jangka pendek Anda. Apa yang ingin Anda capai dalam jangka waktu 1-3 tahun kedepan. Tujuan jangka pendeka adalah cara-cara kecil yang akan membantu Anda untuk mencapai tujuan karir Anda yang sebenarnya. Dengan menggabungkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, tujuan karir Anda akan mudah tercapai. 

Fokus pada Tujuan  
Setelah menetapkan tujuan, fokuslah untuk mencapai tujuan yang Anda tetapkan. Fokus dengan melakukan hal-hal yang akan membawa Anda kepada tujuan karir Anda. Karena gangguan dan hambatan seringkali hadir untuk menggoyahkan tujuan Anda.

Jika kita tidak fokus, akan mudah sekali untuk terombang-ambing oleh keadaan. Maka fokus pada setiap langkah Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Melangkahlah pada jalan untuk mencapainya, sedikit demi sedikit akan membawa Anda sampai ke tujuannya. 

Percaya 
Orang yang sukses ialah yang percaya pada kemampuannya untuk menggapai sesuatu. Kita sudah diberi akal dan hati untuk melakukan yang terbaik dalam hidup kita. Percaya bahwa kita bisa mencapai cita-cita kita juga merupakan suatu hal yang penting. 

Dengan kepercayaan yang kita miliki, kita tidak akan mudah menyerah meskipun problem selalu menghampiri. Sehingga mudah untuk mencapai apa yang kita inginkan. Kita juga harus percaya pada Tuhan, yang akan mengabulkan doa kita dan melancarkan tujuan karir yang diimpikan.

Evaluasi 
Setiap perencanaan atau penetapan tujuan memerlukan evaluasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana tujuan Anda tercapai. Lakukanlah evaluasi dalam waktu tertentu misalnya satu bulan sekali. Hal-hal apa saja yang sudah Anda lakukan, dan hal apa saja yang sudah tercapai untuk merealisasikan tujuan Anda.(maz/jun)  

Comments

comments