no image

Hidup Damai Tanpa Pertengkaran

  • admin
  • August 18, 2012

Menjalani hidup terkadang tidak semudah yang dipikirkan masyarakat pada umumnya karena mereka akan mengalami berbagai fase yang menuntut kerja keras dan pikiran mereka.

Lingkungan terkadang tidak mendukung dan memicu amarah yang mengakibatkan semuanya berantakan. Perlu disadari bahwa didalam setiap pribadi manusia terdapat pengendalian diri dan itu tergantung pada orang tersebut.

Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk meredam kemarahan mereka, seperti tips menghindari pertengkaran antara orang tua dan anak yang mana hal ini sering terjadi di masyarakat.

Tidak semua hal yang dilakukan anak benar namun tidak semua hal yang dilakukan orang tua benar, ada kalanya hal tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan anak atau begitu juga sebaliknya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendengar pendapat masing-masing pihak. Tukar pikiran ini dapat dilakukan dengan mengadakan acara santai seperti dengan acara minum teh bareng, liburan bareng atau bermain bersama.

Rilaks merupakan cara kedua yang dapat dilakukan untuk meredam pertengkaran antara orang tua dan anak.

Selain rilaks, juga bisa dilakukan dengan diam. Diam tidak berarti tidak mengambil tindakan, diam diartikan sebagai waktu tenggang yang membiarkan orang berbicara dan sisi yang lain hanya mendengarkan saja dan sewaktu mereka mereda, saatnya sisi yang lain berbicara.

Disisi lain, pertengkaran antara orang tua dan anak bukanlah yang satu – satunya, ada juga pertengkaran antara suami dan istri dan berikut adalah tips menghindari pertengkaran untuk menghidarinya dan yang paling penting adalah kondisi tenang karena dengan ketenangan semuanya akan berjalan lancar.

Memiliki ketenangan, juga dapat juga dicoba dengan hindari ancaman dan ucapkan kata – kata positif karena dengan sugesti – sugesti yang positif semuanya akan berjalan sesuai harapan.

Meski tidak semuanya benar, namun tidak ada salahnya untuk meminta maaf yang mana dengan kata maaf, semuanya akan membaik, meski tidak dapat kembali seperti sediakala.

Selain tips tersebut, para pasangan juga harus menyadari posisi masing-masing dan membiarkan hal yang telah terjadi menjadi masa lalu, jangan pernah mengungkit-ngungkit kembali karena hal tersebut akan sangat menyakitkan.

Setiap orang tidak mungkin ada yang tidak berbuat salah dan maka dari itu membuat toleransi terhadap sesama tidaklah hal yang sia-sia.

Disamping berlaku untuk suami istri, tips tersebut juga dapat digunakan bagi mereka yang tengah menjalin ikatan kasih yang mana bertengkar merupakan hal yang wajar dalam sebuah hubungan.

Selain antara pasangan dan orang tua dengan anaknya, ada juga tips menghindari pertengkaran antara saudara.

Sering bertukar pendapat antara saudara sangat membantu karena meskipun dilahirkan dari orang tua yang sama, perbedaan pendapat adalah hal yang wajar sekalipun mereka kembar.

Terakhir, diharapkan semua tips yang ada dapat bermanfaat bagi mereka dan semoga kehidupan mereka dapat menjadi lebih baik mulai dari sekarang baik dalam keluarga, sosial maupun lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>