no image

Lebih 8 Juta Penduduk Indonesia Idap Diabetes

  • admin
  • August 10, 2012

Jumat. Penyakit itu, kata Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, DR. Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes,

“84,1 persennya tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes,” ungkap Ekowati pada satu media edukasi di Jakarta, Kamis.

Ekowati menjelaskan, data tersebut belum termasuk dengan jumlah penderita penyakit degeneratif lainnya seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Berdasarkan rasa cemas akan meningkatnya jumlah penderita penyakit degeneratif ini, Ekowati mengungkapkan bahwa pemerintah kini sedang mencoba mengembangkan puskesmas sebagai tempat rujukan untuk penyakit diabetes dan hipertensi.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat untuk mendapat pelayanan deteksi dini mengenai hipertensi dan diabetes,” kata Ekowati.

“Para dokter umum dan para petugas medis terkait juga akan disegarkan kembali pengetahuannya mengenai hipertensi dan diabetes,” kata Ekowati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>