no image

Macam-macam Seserahan Pernikahan

  • admin
  • December 5, 2012

Seserahan merupakan barang-barang yang diberikan oleh calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan sebagai tanda kesanggupan membina rumah tangga.

Ada macam-macam seserahan, isi seserahan ini biasanya adalah alat rumah tangga dan kebutuhan istri seperti pakaian, sepatu, tas, alat kecantikan, pakaian dalam, dan juga alat rumah tangga lainnya.

Seserahan ini berbeda dengan mas kawin, jika mas kawin merupakan suatu unsur yang harus ada dalam sebuah pernikahan, seserahan hanyalah simbol dan tidak harus diberikan, tergantung adat istiadat dan tidak termasuk dalam syarat syah pernikahan menurut agama.

Seserahan kepada calon pengantin perempuan biasanya diberikan pada saat lamaran atau pada saat pernikahan, semua itu tergantung adat istiadat. Ada macam-macam seserahan yang biasanya diberikan laki-laki kepada perempuan, namun ada tiga hal penting yang harus ada dalam seserahan.

Dibawah ini merupakan tiga hal penting yang harus ada dalam seserahan:

1. Pakaian dan alas kaki
Pakaian merupakan hal yang penting dan harus ada dalam seserahan bagi calon pengantin perempuan. Karena isi seserahan itu sendiri sebagai simbol bahwa pihak laki-laki sanggup memenuhi kebutuhan pihak perempuan, sedangkan pakaian dan alas kaki merupakan hal yang penting dalam kehidupan semua orang, oleh karena itu pakaian dan alas kaki merupakan hal yang harus ada dalam seserahan. Pakaian yang biasanya ada dalam seserahan adalah pakaian biasa sehari-hari atau terkadang pakaian tidur yang cukup seksi.

2. Alat kecantikan
Alat kecantikan juga merupakan hal yang menjadi kebutuhan sehari-hari bagi untuk perempuan, oleh karena itu hal ini harus selalu ada dalam seserahan. Jenis-jenis alat kecantikan dalam seserahan itu sendiri tergantung pada kesepakatan kedua belah pihak.

3. Perabot rumah tangga
Perabot rumah tangga tentu saja diperlukan dalam kehidupan berkeluarga. Namun karena seserahan itu sendiri hanyalah simbol, maka perabot rumah tangga yang biasanya ada dalam seserahan adalah perabot seperti sprei, bed cover, handuk.

Tiga hal diatas merupakan hal yang harus ada dalam seserahan. Jumlah isi seserahan menurut adat istiadat biasanya berjumlah ganjil seperti 1,3,5,7,9 dst. Seserahan juga biasanya dibuat semenarik mungkin dengan berbagai hiasan, bahkan sudah banyak orang menjual jasa menghias seserahan.

Don't be shellfish...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>