no image

Macet Bisa Hilangkan Mood Kerja

  • admin
  • January 21, 2014

Hidup di kota besar memang tidak menutup kemungkinan untuk selalu berhadapan dengan kemacetan lalu lintas. Ada kalanya ketika Anda berangkat kantor tapi sudah terpaksa harus menghadapi macetnya jalanan menuju ke tempat Anda bekerja. Hal ini tentu saja membuat Anda pusing dan menimbulkan stress. Macet seperti ini bisa membuat Anda menjadi tidak bersemangat untuk bekerja. Tak pelak mood untuk bekerja pun mulai menghilang. 


Macet memang tidak bisa dihindari, tapi mood yang memburuk karenanya bisa diatasi. Agar Anda tidak merasa stress dan kehilangan mood untuk bekerja, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika Anda terjebak di dalam kemacetan jalanan:

1. Tetap tenang
Jika Anda berada di dalam mobil dan terjebak dalam macet, usahakan untuk selalu tetap tenang. Jika Anda panik di dalam kondisi seperti ini, tetap tidak akan banyak membantu. Meskipun Anda panik, tetap berusahalah untuk tidak bertindak berlebihan seperti berteriak-teriak tidak karuan dan tidak jelas.

Jangan juga membiasakan diri untuk menggerutu, mengoceh, mengomel, ngedumel, mengata-ngatai, dan lain sebagainya. Hal ini harus dihindari karena bisa membuat Anda menjadi lebih tegang, alih-alih menjadi tenang. Untuk itu, lebih baik Anda mengambil napas, atur pernapasan, tenangkan diri, dan coba cari solusi yang tepat.

2. Tersenyum
Macet bisa menimbulkan rasa stress dan tegang yang tinggi. Walaupun ini terdengar lucu, tapi cobalah Anda tersenyum di kala sedang menghadapi masalah seperti ini. Tersenyum untuk diri sendiri dan meskipun terpaksa tentu saja tidak apa-apa. Dengan senyum ini akan mampu menarik otot-otot wajah Anda sehingga akan membuat hati Anda menjadi lebih tenang dan tenteram.

3. Cari sisi positif
Setiap hal yang terjadi itu pasti ada sisi positifnya. Sama halnya dengan ketika Anda sedang di tengah kemacetan. Cobalah Anda melihat sisi positifnya. Mungkin dengan Anda terjebak macet ini Anda malah bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan di kantor dengan mendengarkan musik dari radio atau dari kaset atau CD yang berisi lagu-lagu kesayangan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melihat orang-orang lain yang terjebak kemacetan juga bersama Anda atau memandangi langit luas di depan Anda yang mungkin jarang Anda perhatikan karena terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda. Bisa juga Anda mencoba untuk berolahraga ringan di dalam mobil dengan menggerakkan tangan dan leher atau kepala.

Memang tips yang ditawarkan ini belum tentu benar-benar bisa menjamin rasa kesal dan mood Anda yang memburuk karenanya menghilang dengan cepat, tapi paling tidak Anda bisa berusaha untuk menghindarkan diri dari kehilangan mood bekerja. Bukankah itu terkesan kekanak-kanakkan bagi Anda yang sudah dewasa tapi dengan sekejap kehilangan mood bekerja hanya karena macet? Cobalah untuk selalu tetap tenang. (an/jun)

Comments

comments