no image

Memilih Mainan Anak yang Mendidik

  • admin
  • September 18, 2012

Anak merupakan titipan masa depan, pendidikan yang baik menjadi hal yang sangat penting bagi anak. Berikut adalah tips memilih mainan yang mendidik serta mengembangkan potensi anak.

1.  Pilih mainan yang sesuai dengan umur anak anda. Kebanyakan mainan anak – anak akan disertai dengan anjuran penggunaan pada anak usia tertentu. Pilihan mainan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak akan memaksimalkan ketrampilan fisik serta emosi dari sang anak.

2.  Pilihan mainan menurut umur juga akan mencegah resiko yang dapat timbul dari suatu mainan seperti resiko tersedak pada anak berusia kurang dari tiga tahun karena bagian mainan yang berukuran kecil.

3.  Pilih mainan dengan bahan, bentuk dan aplikasi yang aman bagi anak anda.

4.  Jangan terpancing untuk membeli mainan mahal, pilih yang benar – benar memiliki nilai guna dan merangsang perkembangan motorik dan psikis anak anda.

5.  Pilih mainan dengan warna yang cerah dan kontras agar membantu anak anda mengenali warna serta merangsang indera penglihatan. Pastikan juga mainan tersebut menggunakan pewarna yang aman bagi kesehatan.

6.  Simpan dan letakkan mainan pada tempat yang dapat dijangkau dengan mudah oleh anak anda untuk mengurangi resiko cedera saat berusaha mengambil mainan.

7.  Jika anak anda masih berusia di bawah satu tahun, pilih mainan sederhana yang dapat mengeluarkan bunyi untuk merangsang indera pendengaran serta benda dengan tekstur yang nyaman untuk dipegang untuk merangsang daya motorik anak.

8.  Pilih mainan yang merangsang kreatifitas dan daya cipta seperti mainan yang dapat dibuat menjadi berbagai macam bentuk sesuai keinginan dan daya cipta anak.

9.  Buku bergambar juga merupakan bagian mainan yang mendidik. Pilih buku dengan gambar yang jelas, warna yang tegas dengan obyek yang mudah dikenali serta berisi pesan moral yang baik.

10.  Mainan berupa angka atau hurf dapat membantu anak belajar mengenali alfabet dan belajar membaca.

11.  Puzzle sederhana dapat mulai dikenalkan saat anak bisa memegang benda. Mainan ini dapat merangsang daya pemahaman dan kemampuan menyelesaikan masalah.

12.  Alat musik sederhana akan membantu merangsang kreatifitas, imajinasi serta mengasah ketajaman pendengaran anak. Alat musik yang dipukul dapat dikenalkan saat anak dapat memegang benda dan dapat terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan dan ketertarikan anak terhadap alat musik tertentu.

Don't be shellfish...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>