Hanamasa Resto

Mengenalkan Alam pada Anak

01 September 2012

Dunia bermain bagi anak
Dunia bermain adalah dunia milik anak-anak seutuhnya. Pada usia anak-anak yang ada dipikiran mereka adalah bagaimana untuk merasa senang tanpa terbebani oleh masalah-masalah orang dewasa.

Membebaskan anak untuk menikmati dunia pada usianya tidaklah salah selama orang tua mengawasi dan mengarahkan hal yang baik pada mereka.

Salah satu hal yang perlu ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anak adalah rasa tanggung jawab. Tidak perlu memberikan penjelasan teori tentang apa itu tanggung jawab.

Hal tersebut justru hanya akan membuat bingung anak. Masuklah ke dalam dunia bermain anak apabila ingin menularkan hal-hal baik termasuk tanggung jawab.

Arahkan selalu pada anak untuk bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Misalnya saat anak bermain di dalam rumah, arahkan mereka untuk selalu membersihkan dan membereskan mainannya setelah bermain.

Begitupun apabila si anak bermain di luar rumah. Tanamkan pada mereka untuk tidak merusak alam sekitar. Mencintai alam dan lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Mengenalkan alam pada anak
Selain menanamkan nilai-nilai budi pekerti pada anak, orang tua juga mulia mengenalkan alam pada anak.

Sebagai Negara yang kaya akan keindahan alamnya, sebaiknya pengenala alam kepada anak dimulai sejak dini.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dijadikan cara untuk mengenalkan keindahan alam dan bagaimana cara menjaga alam itu sendiri.

Mengenalkan alam sejak dini juga akan bisa menimbulkan rasa cinta terhadap alam itu sendiri.

Sehingga mereka tidak akan dengan mudahnya merusak alam yang sudah ada.

Cara mengenalkan alam pada anak
Coba ajak anak untuk pergi ke tempat-tempat wisata alam seperti waduk, pegunungan, air terjun dan sebagainya. Apalagi bagi mereka yang tinggal di tengah perkotaan yang mungkin sulit mencari tempat yang menyejukkan, bisa mengajak anak-anaknya untuk menikmati keindahan alam tersebut.

Selain sebagai ajang untuk pengenalan alam kepada anak, pergi ke beberapa tempat wisata alam juga bisa menjadi ajang liburan. Mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak agar semakin erat bisa memanfaatkan momen seperti ini.

Ajarkan kepada anak-anak tentang cara menjaga keindahan alam. Biasakan untuk tidak membuang sampah sembarang. Beri contoh nyata kepada anak bahwa membuang sampah harus di tempat sampah yang sudah disediakan. Karena bagaimanapun anak akan cepat meniru apa yang dilihatnya.

Selain itu, ajaklah anak untuk sesekali pergi out bond. Aktifitas seperti ini sangat berhubungan dengan alam karena anak akan berinteraksi langsung dengan alam dan lingkungan sekitar. Ajak mereka untuk menanam padi, memanen buah, atau memancing.

Aktifitas sederhana seperti itu akan lebih mengena pada anak karena selain belajar mengenal alam, mereka juga bisa bermain. Bagaimanapun dunia anak tetaplah masih dunia bermain. Akan tetapi tidak ada salah menggabungkan memberikan pelajaran saat bermain. Dalam hal ini anak bisa bermain sambil belajar.

Bermain sambil belajar akan membuat anak nyaman. Hal ini tidak akan membuat anak jenuh. Justru mereka akan semakin penasaran tentang pelajaran yang bisa mereka dapatkan.

Untuk itu dalam mengenalkan alam pada anak, cobalah untuk mengemasnya dalam suatu kemasan yang membuat anak-anak tertarik sehingga proses pengenalanpun akan berjalan maksimal.
 
 
 


blog comments powered by Disqus

Parenting Index