no image

Sumber Investasi Kini dan Nanti

  • admin
  • July 3, 2012

Sudah jadi hukum ekonomi jika manusia membutuhkan kenyamanan dan kepastian hidup. Karena itulah, manusia membutuhkan bekerja, mendapat penghasilan, mendapat jaminan masa depan, dan berbagai hal terkait dengan hidupnya.

Sayangnya, tak ada yang pasti dalam hidup. Selalu saja ada kondisi yang berubah-ubah. Baik kondisi ekonomi, kondisi pemerintahan, kondisi kesejahteraan suatu masyarakat, termasuk kondisi kesehatan kita.

Karena itu, pepatah sedia payung sebelum hujan sangat tepat untuk menggambarkan bahwa kita perlu “perlindungan” yang tepat untuk setiap saat, kini, hingga nanti.

Lantas, apa yang bisa dijadikan “payung” untuk perlindungan hidup kita? Salah satu satunya yaitu dengan “berinvestasi” di asuransi. Mengapa asuransi demikian penting sehingga bisa jadi sumber “investasi” yang berguna kini dan nanti? Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang asuransi.

Asuransi unit link
Ini merupakan salah satu jenis asuransi investasi dalam arti sebenarnya. Yakni, asuransi yang menggabungkan produk asuransi dengan investasi reksadana atau investasi lainnya. Dengan mengikuti asuransi unit link, seseorang akan mendapatkan manfaat ganda.

Yakni, ia akan mendapatkan perlindungan asuransi—biasanya kesehatan dan jiwa—dan mendapatkan pengembalian dana investasi pada periode tertentu yang telah disepakati, misalnya 10 tahun. Pembayaran asuransi ini biasanya bulanan atau tahunan.
 
Kelebihan dari asuransi ini ialah perlindungan yang diberikan berupa uang yang dibayarkan senilai investasi di akhir perhitungan, bahkan jika sebelum sampai pada periodenya.

Misalnya, jika orang ingin memiliki dana Rp500 juta dengan menabung Rp2 juta per bulan, maka butuh setidaknya 250 bulan atau sekitar 20 tahun lebih. Tapi, jika ia meninggal di tahun ke-10, ia belum bisa mengumpulkan uang senilai itu.

Namun, dengan asuransi unit link ini, dengan nilai pertanggungan yang disepakati, misalnya Rp500 juta di tahun kesekian, dan tiba-tiba yang bersangkutan meninggal pada keesokan setelah ia tanda tangan polis, ia tetap berhak mendapat nilai pertanggungan tersebut tanpa harus menunggu sekian tahun.

Itulah salah satu keuntungan investasi asuransi unit link ini.

Asuransi kesehatan
Kesehatan adalah “investasi” yang paling bernilai. Sebab, jika kita sakit-sakitan, tentu akan sangat mengganggu produktivitas kita. Bukan hanya itu, biaya perawatan saat sakit pun akan sangat besar.

Maka, pilihan berasuransi kesehatan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. Sebab, saat sakit, kita sudah punya “simpanan” untuk biaya pengobatan sehingga memudahkan kita atau keluarga dari beban biaya rumah sakit.

Asuransi jiwa
Jika kita memiliki keluarga dan harus menanggung biaya anak-anak dan istri, sudah pasti ada kebutuhan yang harus kita penuhi. Jika kita masih mampu atau masih bekerja, mungkin hal ini tak masalah.

Namun, jika kemudian kita tiba-tiba meninggal, sudah pasti ini akan jadi beban tersendiri.

Karena itu, memilih asuransi jiwa yang bisa memberikan nilai pertanggungan cukup besar untuk menyokong dana keluarga saat keadaan mendadak semacam itu akan jadi solusi yang memudahkan. Itulah mengapa, memilih asuransi jiwa dapat menjadi investasi untuk membantu masa depan keluarga.

 

By:
Cigna
Insurance Related

 

Don't be shellfish...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>