no image

Tips Beradaptasi di Tempat Baru

  • admin
  • January 14, 2013

Ada banyak hal yang menjadi tantangan saat seseorang masuk ke dalam lingkungan baru. Adaptasi dengan lingkungan adalah hal yang sangat penting dilakukan, tetapi adaptasi bukan hal yang mudah dilakukan oleh setiap orang apalagi jika lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan kerja yang sama sekali baru.

Dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, Anda mungkin akan mendapatkan tekanan yang lebih karena Anda diwajibkan untuk bisa beradaptasi dengan baik agar bisa tetap bertahan dalam pekerjaan tersebut. Berikut ini tips yang perlu dilakukan untuk menghadapi lingkungan baru.

• Persepsi sangat penting dibatasi saat Anda masuk dalam lingkungan kerja baru. Mungkin banyak dari Anda yang mempunyai bayangan liar mengenai tempat kerja baru dan bayangan liar ini justru semakin menjadi-jadi dan membuat Anda merasa takut dan minder untuk terjun di dalamnya padahal bayangan tersebut tidak akan ada habisnya.

Perasaan semacam ini tentu harus dihindari agar Anda bisa dengan mudah melebur dengan lingkungan kerja Anda yang baru.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencari informasi atau bertanya mengenai pengalaman orang lain yang terlebih dahulu atau pernah berada dalam lingkungan kerja yang baru saja Anda masuki tersebut.

• Informasi mengenai pengalam orang lain di lingkungan kerja tersebut membuat kita bisa mempersiapkan diri mengenai berbagai hal termasuk cara bersikap dan cara menghadapi orang yang ada di lingkungan kerja tersebut.

Setiap tempat pasti mempunyai budaya dan tata cara tersendiri yang sudah umum dilakukan di lingkungan tersebut. Anda perlu mempelajarinya pula agar tidak cangguh dan lebih mmebaur dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja Anda yang baru.

• Tak kenal maka tak sayang. Konsep ini sangat penting dipahami dan dijunjung tinggi oleh Anda yang akan memasuki lingkungan kerja baru. Jangan takut untuk memulai percakapan dan jangat takut untuk dianggap sok kenal atau sok dekat dengan orang lain di tempat kerja baru.

Senyuman adalah senjata ampuh yang bisa digunakan sebelum memulai percakapan dengan orang lain.

Sekedar senyum simpul bisa berlanjut dengan perkenalan dan pembicaraan mengenai hal-hal sepele dan ringan yang justru bisa membawa pada keseruan tersendiri.

• Dalam hal pekerjaan, malu bertanya sesat di jalan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh malu atau segan untuk bertanya kepada rekan kerja atau bos saat kurang mengerti mengenai sesuatu. Jangan sampai ketidakmengertian Anda dan kemaluan Anda untuk bertanya membawa akibat pada kesalahan fatal.

• Sangat penting bagi Anda untuk tetap menjadi diri sendiri. Kepura-puraan dalam bersikap bisa berakibat pada ketidaknyamanan Anda dalam lingkungan kerja baru tersebut. Namun, tentu Anda tetap harus menjunjung tinggi nilai kesopanan dalam pergaulan dengan orang lain agar tetap merasa nyaman dalam menjalankan pekerjaan.

Comments

comments