Hanamasa Resto

Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga

29 September 2012

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu hidup berdampingan dengan sesamanya. Di dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya ada beberapa etika yang harus diterapkan agar bisa hidup dengan saling menjaga perasaaan dan menghormati antara satu dengan yang lain.

Namun terkadang ada saja masalah yang tidak diharapkan muncul dan mengganggu keharmonisan hidup bertetangga. Untuk itu berikut akan dijabarkan beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga keharmonisan dalam bertetangga.

• Untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga, hal pertama yang harus disadari adalah landasan akan kesetaraan. Tidak ada yang lebih superior atau inferior. Dengan demikian, setiap individu mampu menghargai orang lain dan tidak merasa sombong atas kelebihan yang dimiliki.

• Di dalam masyarakat, status sosial terkadang memang ada. Akan tetapi bukan berarti ini menjadi alasan untuk tidak bergaul dengan orang yang berada diluar status sosial mereka. Bergaul tanpa memandang perbedaan adalah hal yang harus dilakukan saat berada di ruang publik. Jadi tidak perlu mempermasalahkan perbedaan status ataupun perbedaan golongan yang ada.

• Untuk mempererat hubungan dengan tetangga, datang berkunjung ke tempat tinggal tetangga selalu menjadi langkah yang tepat. Dikunjungi oleh tetangga tentunya akan terasa menyenangkan.

Namun sebelum berkeunjung ada baiknya memilih moment yang tepat. Jangan datang saat malam sudah terlalu larut atau datang terlalu pagi, tapi berkunjunglah pada waktu berkunjung masyarakat setempat.

• Saat ada tetangga yang sedang sakit, sempatkanlah untuk menjenguk meski cuma sebentar. Kedatangan anda dikala tetangga anda sedang sakit sangatlah berarti bagi mereka. Dengan demikian anda bisa Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga dan mempererat rasa persaudaraan diantara tetangga.

• Jalin komunikasi yang baik dan jangan memicu pertengkaran. Saat anda berada di ruang publik, masyarakat sebenarnya hanya menginginkan agar anda bisa hidup berdampingan dengan mereka, menebarkan kebaikan dan tidak memicu kerusuhan ataupun merusak kedamaian lingkungan sekitar. Jadi cukup lakukan hal tersebut dan andapun akan selalu diterima dengan baik oleh tetangga anda.

Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga sebenarnya tidaklah sulit. Yang dibutuhkan hanya toleransi, saling menghargai dan saling bekerjasama disaat ada yang membutuhkan bantuan. Jadi tidak usah berpikir terlalu rumit karena kebaikan itu sebenarnya selalu berawal dari hal yang sederhana.


blog comments powered by Disqus

Family Index