Thursday, Sep 21, 2017
HomeResensiMoviesFilm Kartini, Sejarah yang Kekinian

Film Kartini, Sejarah yang Kekinian

Bulan April adalah bulan yang bersejarah untuk bangsa Indonesia. Karena pada bulan ini terdapat tanggal yang melambangkan kekuatan perempuan Indonesia yang jatuh pada 21 April. Untuk menyambut datangnya bulan kelahiran tokoh pahlawan perempuan Indonesia, Kartini. Sutrada muda Indonesia, Hanung Bramantyo menghadirkan film layar lebar berjudul Kartini yang akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 19 April 2017 enceritakan tentang kisah perjuangan Kartini dalam mempertahankan hak dan cita-citanya sebagai perempuan.

Keinginan Kartini untuk menjadi perempuan Indonesia yang cerdas dan setara dengan para laki-laki sangat kental sekali. Film Kartini bisa dijadikan sebagai tafsir yang kekinian. Karena Hanung Bramantyo ingin masyarakat Indonesia menikmati film sejarah secara ringan dan kekinian.

Ide awal film Kartini ini tercetus dari sang sutradara Hanung Bramantyo. Ide tercetus dari buku biografi Kartini dan buku dari Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Panggil Aku Kartini Saja. Dengan hadirnya film Kartini ini, Hanung Bramantyo berharap bahwa film ini dapat merubah pola pikir semua orang terlebih para kaum perempuan. Karena pendidikan salah satu cara untuk merubah dunia.

Film Kartini hadir tidak hanya untuk mengingatkan kembali sejarah, tetapi untuk memberikan pengetahuan bahwa Kartini adalah sosok yang mengutamakan pendidikan. Film ini diperankan oleh 4 pemain film Indonesia yaitu Dian Sastrowardoyo Sebagai Kartini, Acha Septriasa sebagai Roekmini adik dari Kartini, dan Ayushita.

Secara garis besar, film Kartini ini menggambarkan tentang kebebasan dan pemberontakan perempuan terhadap pendidikan dengan sistem “pangku” yang dianut oleh masyarakat adat jawa termasuk Kartini.

Nah dears, untuk melengkapi perayaan hari Kartini pada 21 April nanti, kamu sebagai perempuan Indonesia wajib menonton film sejarah yang dikemas dengan kekinian yang tayang pada 19 April 2017. Selamat menonton dears!

Kompleksitas Hubunga
7 Manfaat Kulit Jeru

emma@perempuan.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)