Saturday, Aug 19, 2017
HomeWeddingTiga Pernikahan Unik di Indonesia

Tiga Pernikahan Unik di Indonesia

Pernikahan Unik di Indonesia

Perempuan.com – Perayaan pernikahan merupakan tahapan kehidupan yang sangat penting sehingga tidak jarang perayaan pernikahan dilaksanakan secara besar-besaran. Perayaan pernikahan biasa diadakan menyesuaikan dengan adat kebudayan daerah dari kedua mempelai. Perayaan pernikahan secara adat ini sering dilakukan secara unik.

Perayaan pernikahan unik di Indonesia terjadi karena banyaknya suku, adat dan budaya di Indonesia, setiap daerah memiliki kebiasaannya sendiri dalam melaksanakan pernikahan, keunikan inilah yang membuat perayaan pernikahan semakin meriah selain itu juga untuk melestarikan budaya daerah.

Perayaan pernikahan unik di Indonesia terdapat di semua daerah di Indonesia dengan keunikan masing-masing yang memperkenalkan daerahnya. Mari kita ketahui keunikan dari perayaan pernikahan unik di Indonesia.

  1. Kawin colong

Tradisi pernikahan ini biasa dilakukan oleh suku Osing dari Banyuwangi. Tradisi kawin colong dimulai dengan mencolong mempelai perempuan tanpa izin orangtua ke rumah laki-laki. Kemudian pihak laki-laki akan mengirimkan Colok untuk membujuk orangtua perempuan agar mau menikahkan anaknya.

  1. Kawin culik

Tradisi ini dilakukan oleh suku Sasak dari Lombok. Tidak jauh berbeda dengan kawin colong, pada tradisi satu ini perempuan akan diculik ke rumah si laki-laki tanpa ijin orangtua tetapi penculikan terjadi pada malam hari. Jika orangtua menyetuji laki-laki yang akan menikahi anaknya maka orangtua akan membasuh kaki si laki-laki dengan air sirup atau air kelapa bila tidak setuju akan dibasuh dengan air tajin.

  1. Nikah kromojati

Jenis pernikahan ini berasal dari Gunungkidul. Tradisi pernikahan ini adalah dengan menanam tanaman berkayu contohnya jati sebanyak 5 pohon minimal. Tradisi ini dilakukan karena makin terkikisnya hutan di daerah setempat dan bertujuan untuk melestarikan lingkungan.

Pernikahan unik di Indonesia di pengaruhi besar oleh adat istiadat dari setiap daerah. Keunikan ini juga banyak dilakukan untuk melestarikan budaya tradisional yang makin tersisih karena globalisasi. Banyak dari tradisi pernikahan ini yang bertujuan untuk mendekatkan kedua keluarga yang akan menikahkan kedua anaknya dan untuk mendoakan yang terbaik dalam kehidupan berumah tangga untuk kedua mempelai.

POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Cara Mudah Menghilan
Ramalan Bintang Canc

ria.wulan86@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

})(jQuery)